PPDB 2019

Waspadai! Modus Pungli Berkedok Seragam Sekolah, Ombudsman Buka Pengaduan Lewat 08116656137

Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mewaspadai adanya pungutan liar (pungli) dalam Penerimaan Peserta Didik B

Tribunpadang.com/Merinda Faradianti
Adel Wahidi Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) dan rekannya di Kantor Ombudsman, di Jalan Sawahan Nomor 58, Kota Padang, Sumbar. 

Ombudsman, Waspadai Modus Pungli Berkedok Seragam Sekolah

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Merinda Faradianti

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mewaspadai adanya pungutan liar (pungli) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

Adanya dugaan praktik pungli yang berkedok uang seragam sekolah membuat Ombudsman RI Perwakilan Sumbar mengimbau pada orang tua agar selalu waspada.

Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi mengatakan beberapa beberapa tahun lalu sudah ada perbaikan tidak ada lagi pungli dalam pendaftaran dan proses PPDB.

"Tapi ada modus lain yang terjadi, modusnya saat pendaftaran ulang orang tua diminta untuk membeli baju atau buku di sekolah.

Seolah-olah transaksi jual beli ini terpisah dari proses PPDB, padahal tidak," kata  Adel Wahidi saat ditemui TribunPadang.com di Kantor Ombudsman RI, Rabu (26/6/2019) pagi.

 Adel Wahidi melanjutkan bahwa dari pungli tersebut orang tua terpaksa membeli buku dan baju. Karena baju seragam dan buku diberikan pihak sekolah saat mendaftar ulang.

"Karena khawatir, jika tidak membeli baju seragam anaknya tidak bisa mendaftar ulang, maka orang tua terpaksa beli baju seragam. Padahal baju ada di Pasar. Hal ini jelas di atur dalam pasal 33, Permendikbud 51/2018 tentang PPDB," ujar Adel Wahidi.

Bahwasanya, sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dilarang melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.

Halaman
12
Penulis: Merinda Faradianti
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved