Breaking News:

Lebaran 2019

PERINGATAN Bagi Pemudik Agar Hindari Puncak Arus Balik Sabtu-Minggu

Pemerintah mengupayakan arus balik menyebar dan tidak bertumpuk di satu hari. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 hingga 9 Juni 2019

Editor: Emil Mahmud
KOMPAS.ID/ABDULLAH FIKRI ASHRI
Kendaraan mengantre menjelang Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019) siang. 

TRIBUNPADANG.COM - Pemerintah mengupayakan arus balik menyebar dan tidak bertumpuk di satu hari. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 hingga 9 Juni 2019.

Untuk itu, pemudik diimbau kembali ke Jakarta sebelum atau setelah tanggal tersebut. Polisi juga menyiapkan sistem one way dari Semarang sampai  Cawang, Jakarta Timur.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Rabu (5/6/2019), mengatakan, secara keseluruhan arus mudik berjalan lancar tanpa  ada hambatan berarti.

Kondisi itu ditopang adanya infrastruktur Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatera yang bagus.

”Arus mudik selama enam hari ini lancar, tidak ada kejadian signifikan. Ada beberapa kecelakaan lalu lintas, tetapi dibandingkan pada tahun lalu jumahnya menurun hampir 50 persen,” ucap Tito saat menghadiri open house di kediaman Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri.

Pada 2018, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat ada 1.154 kasus kecelakaan selama tujuh hari masa Operasi Ketupat.

Mengantisipasi lonjakan arus balik, Tito memperkirakan pemudik kembali ke Jakarta pada Jumat (7/6/2019) hingga Minggu (9/6/2019). Tito menyebut puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu dan Minggu.

Oleh karena itu, kepolisian mengupayakan agar jadwal kepulangan pemudik ke kota-kota besar tidak bertumpuk pada hari-hari tertentu. Tito meminta pemudik agar bisa menghindari kembali pada hari Sabtu dan Minggu.

”Tolong jangan paksakan pulang pada hari Sabtu atau Minggu. Kalau bisa, pulang Jumat, ya, sehingga tidak terjadi puncak arus balik. Jadinya merata atau bergelombang,” katanya.

Jika pun pemudik terpaksa kembali pada Sabtu atau Minggu, Polri telah menyiapkan sejumlah cara agar arus balik berjalan lancar. Salah satunya adalah melakukan rekayasa lalu lintas, yaitu  menerapkan sistem contra flow dan one way.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved