Breaking News:

Jelang Lebaran

Basril: Kasihan Jika Terjadinya Kebakaran Saat Mendekati Hari Raya

Kabid Ops Damkar Kota Padang mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat meninggalkan rumah bagi mereka

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TribunPadang.com/Rezi Azwar
ILUSTRASI Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di lokasi kebakaran yakni rumah warga Cubadak Air Rt 02 /Rw 04 -- dekat Pesantren Tawalib -- Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (26/5/2019). 

Laporan wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kabid Ops Damkar Kota Padang mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat meninggalkan rumah bagi mereka yang hendak mudik lebaran 1440 H.

"Jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kosong dan begitu saja, cobalah untuk memeriksa kembali. Karena kebakaran mengancam kapan saja," kata Kabid Ops Damkar Kota Padang, Basril kepada TribunPadang.com, Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, Ummat Muslim pada saat hari Raya Idul Fitri biasanya pulang ke kampung halaman sebelum hari H.

Selain itu, dirinya mengingatkan agar tetap hati-hati dan waspada.

"Apalagi saat cuaca sedang panas, dan pada saat setelah sahur matikan semua barang-barang yang dapat memicu akan adanya percikan api," ujar Basril.

Basril menambahkan termasuk juga pada saat berbuka, barang-barang yang memicu api, baik yang mengalirkan listrik, dan juga mungkin kompor yang digunakan untuk memasak.

Begitu juga katanya, dengan benda-benda yang mudah terbakar hendaknya dijauhkan dari titik-titik api.

"Kasihan jika terjadinya kebakaran saat akan mendekati (Hari Raya) lebaran (Idul Fitri). Sangat miris kita rasanya jika terjadi kebakaran menjelang lebaran," kata Basril.

Basril menjelaskan bahwa untuk para pemudik yang akan melakukan perjalanan jauh dan akan meninggalkan rumahnya ia harapkan untuk selalu berhati-hati dalam meninggalkan rumah.

"Tinggalkanlah rumah kepada orang yang dipercaya, mungkin kepada Ketua Rw atau Rt setempat, dan tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu," pungkas Basril.

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved