Listrik Sumbar Surplus 58 MW, GM PLN : Pembangkit Listrik di Sumbar Punya Daya Mampu 635 MW

Pembangkit listrik yang ada di Sumbar memiliki daya mampu sekitar 635 MW, sedangkan beban puncak wilayah Sumbar mencapai 602 MW.

Listrik Sumbar Surplus 58 MW, GM PLN : Pembangkit Listrik di Sumbar Punya Daya Mampu 635 MW
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat Bambang Dwiyanto melihat motor listrik yang dipamerkan saat acara Program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat Bambang Dwiyanto mengatakan ketahananan daya atau energi listrik Sumbar cukup bagus.

Pembangkit listrik yang ada di Sumbar memiliki daya mampu sekitar 635 MW, sedangkan beban puncak wilayah Sumbar mencapai 602 MW.

"Masih ada cadangan (surplus) sebanyak 58 MW karena selain pembangkit yang ada di Sumbar, PLN juga mendapat kiriman daya 25 MW dari sistem Sumatera," ungkap Bambang Dwiyanto.

Saat ini, jelasnya lagi, PLN Sumbar telah melayani kebutuhan listrik di 19 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh provinsi Sumatera Barat dengan Jumlah Unit Layanan Pelanggan yang tersedia sebanyak 30 unit.

PLN Sumbar Imbau Masyarakat Gunakan Listrik Secara Benar, Hindari Stop Kontak Bertumpuk

Diskon Tambah Daya hingga 100% dari PLN Sumbar untuk Pengguna Kompor Listrik dan Motor Listrik

PLN Sumbar Luncurkan Program Rezeki Listrik Dunsanak Minang Point Reward, Pelanggan Bisa Umrah

"Saat ini PLN UIW Sumbar mengupayakan layanan terbaik kepada pelanggan dengan aset distribusi jaringan tegangan menengah 11 ribu km sirkit, jaringan tegangan rendah 19 ribu km sirkit, dan gardu distribusi yang tersebar di wilayah Sumbar," kata Bambang Dwi Yanto.

Senada dengan hal tersebut, Eksekutif Vice President Pengembangan Regional Sumatera Budi Pangestu
menjelaskan tentang kondisi kelistrikan Sumatera secara umum.

Menurutnya, dari tahun ke tahun, PLN telah banyak menyelesaikan program-program peningkatan kehandalan kelistrikan di Sumatera khususnya Sumbar.

"Kondisi listrik di Pulau Sumatera tidak mengalami defisit. PLN sudah punya reserve margin atau cadangan. Paling tidak angkanya 6 hingga 10 persen. Angka ini terus digenjot dan mencapai target 30 persen," jelas Budi Pangestu.

Di Sumatera Barat, kata Budi, PLN juga telah meyelesaikan transmisi di 275 kV dari daerah Sumatera Selatan yang memang dikaruniai sumber energi primer batubara yang melimpah.

DOWNLOAD MP3 Kill This Love BLACKPINK Trending 1 di YouTube, Berikut Lirik dan Artinya

Jadwal Bioskop di Padang Hari Ini, Hotel Mumbai Tayang Perdana Siang Mulai Pukul 12.45 WIB

Di sana banyak pembangkit-pembangkit dengan harga yang lebih optimal dan murah.

"Di Sumatera Barat, PLN punya dua gardu induk sehingga bisa memperkuat ketahanan listrik di Sumbar. Tidak usah khawatir karena kondisi kelistrikan sudah cukup baik," tutup Budi Pangestu. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved