Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Nagari Palangki

Bantuan yang disalurkan berupa tenda, tikar, beras, peralatan masak, ember, kain sarung, telur, uang tunai dan lain lain.

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: Rahmadi
istimewa
Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (6/12/2022) 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir salurkan bantuan kepada korban kebakaran di Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (6/12/2022).

Diketahui, kebakaran tersebut menghanguskan sembilan petak toko yang berada di Jalan Lintas Sumatera tersebut.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa tenda, tikar, beras, peralatan masak, ember, kain sarung, telur, uang tunai dan lain lain.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan turut berbelasungkawa atas musibah kebakaran ini, semoga masyarakat kami yang sedang dilanda musibah ini bisa sabar dan iklas menerima cobaan ini," ungkap Benny.

Ia menambahkan, kepada masyarakat agar benar-benar teliti memperhatikan listrik, api dan semua yang bisa memicu kebakaran sebelum meninggalakan rumah.

Baca juga: Kebakaran Hanguskan 9 Toko di Nagari Palangki Sijunjung, Kerugian Rp 1 Miliar

“Semoga pengusaha kita yang sedang mendapat msusibah ini bisa pulih dan bangkit lebih cepat serta bantuan yang kami serahkan ini bisa membantu meringankan beban dari korban kebakaran,” harap Bupati Sijunjung itu.

Sementara Wali Nagari Palangki Jasman menjelaskan, penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB yang menghanguskan sembilan petak toko.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kerugian materil ditaksir mencapai lebih kurang Rp 1 Miliyar," tuturnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kebakaran menghanguskan sembilan petak toko di Jalan Lintas Sumatera, Nagari Palangki, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (6/12/2022).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) IV Nagari AKP Mulyadi menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 09.30 WIB.

Baca juga: Kronologi Kebakaran Gudang di Sumurampak Bukittinggi, Api Diketahui Saat Warga Nonton Piala Dunia

"Sembilan petak toko tersebut terdiri dari satu petak warung, empat petak toko perabot atau mebel, dua petak toko kosmetik, dan dua petak warung es kelapa muda," ungkapnya.

Ia menjelaskan, kejadian bermula saat seorang saksi karyawan toko mebel bernama Zainal (45) melihat api sudah membesar dan membakar bagian kiri dari toko mebel sekira pukul 09.30 WIB.

"Mengetahui api yang sudah besar, saksi memberitahukan kejadian tersebut kepada rekan kerjanya dan masyarakat sekitar untuk memadamkan api tersebut," ujar Mulyadi.

Selang beberapa saat, datang dua armada pemadam kebakaran Sijunjung, dua unit mobil BPBD Sijunjung dan satu unit mobil AWC Polres Sijunjung sekita pukul 09.50 WIB.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, api berhasil dipadamkan sekita pukul 11.00 WIB," tutur Kapolsek IV Nagari itu.

Baca juga: Kebakaran Rumah di Padang, Api Muncul dari Kamar, Damkar Turunkan 2 Armada

Dikatakannya, untuk penyebab kebakaran api diduga berasal dari konsleting listrik dari toko mebel dan merembet ke bangunan lainnya.

"Akibat kejadian tersebut, kerugian materil ditaksir mencapai lebih kurang Rp 1 miliyar," tutupnya.(TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved