KPU Sumbar Optimalkan Aplikasi Silon pada Pendataan Dukungan Bakal Calon Anggota DPD RI Tahun 2024

Penggunaan aplikasi Silon akan memudahkan balon anggota DPD RI dalam penyerahan bekas syarat minim dukungan maupun pendaftaran calon

Penulis: Rima Kurniati | Editor: afrizal
TribunPadang.com/RimaKurniati
Komisioner KPU Sumbar Gabriel Daulay mengatakan penggunaan aplikasi Silon akan memudahkan balon anggota DPD RI dalam penyerahan bekas syarat minim dukungan maupun pendaftaran calon. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengoptimalkan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) pada pendataan dukungan bagi bakal calon (balon) anggota DPD RI tahun 2022

Komisioner KPU Sumbar Gabriel Daulay mengatakan, penggunaan aplikasi Silon akan memudahkan balon anggota DPD RI dalam penyerahan bekas syarat minim dukungan maupun pendaftaran calon.

"Berbeda dengan pemilu tahun 2019 lalu, pada pemilu 2024 ini KPU Sumbar mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, Aplikasi Silon," ujar Gabriel Daulay, Rabu (30/11/2022)

Ia menambahkan, jika dulu formulir pendaftaran itu harus pakai materai di setiap formulir yang disusun berdasarkan per kelurahan atau nagari, maka pada pemilu 2024 tidak lagi pakai formulir dan pakai matetai.

Lanjutnya, pemilu sebelumnya berkas pencalonan diserahkan secara konvensional ke Kantor KPU Sumbar, pada pemilu 2024 ini cukup mengunggah melalui aplikasi Silom.

Baca juga: KPU Sumbar Segera Buka Pendaftaran, Syarat Minimal Bakal Calon Anggota DPD RI Harus 2 Ribu Dukungan

"Dulu bakal calon menyerahkan hard copy ke KPU Sumbar baik surat pendaftaran, surat penyataan, maupun dokumen-dokumen seperti KTP, maka tahun 2024 ini semuanya melalui aplikasi Silon," ujarnya.

Gabriel Daulai mengatakan, bakal  calon anggota DPR RI hanya harus mengimput berkas-berkas persyaratan melalui aplikasi Silon.

Untuk bisa mengakses aplikasi Silon, KPU Sumbar akan memberikan akun masing-masing bakal calon.

"Jadi berkas-berkas persyaratan pencalonan diunggah, tidak perlu lagi diantar dalam bentuk hardcopy. Kita optimalkan teknologi informasi guna memudahkan," ujarnya.  (TribunPadang.com/Rima Kurniati)

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved