Wisata Sumatera Barat

Desa Wisata Sumatera Barat Nagari Silokek Sijunjung, Raih Peringkat Dua Kategori Eco Wisata API 2022

Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi peringkat dua dalam kategori Ekowisata Anugerah Pesona Indonesia (API) Award

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: Mona Triana
istimewa
Geopark Silokek meraih peringkat dua pada kategori Ekowisata API Award 2022, Jumat (25/11/2022) 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Geopark Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi peringkat dua dalam kategori Ekowisata Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

Prestasi tersebut diterima oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Sijunjung pada malam penganugerahan yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh, Jumat (25/11/2022).

Kadisparpora Sijunjung Afrineldi menyebut, Geopark Silokek bersaing dengan 134 Kabupaten/Kota lainnya dari 34 Provinsi.

"Alhamdulillah, Silokek kembali meraih prestasi pada tingkat nasional, kali ini sebagai peringkat dua kategori Ekowisata pada API Award 2022," ungkapnya kepada TribunPadang.com, Sabtu (26/11/2022).

Diketahui, peringkat pertama dalam kategori tersebut yaitu Depati VII Coffee Kota Sungai Penuh dan peringkat ketiga Tahura Lae Kombih Kota Subulussalam.

Baca juga: 5 Desa Wisata Sumatera Barat, Rekomendasi Bagi Wisatawan yang Ingin Berlibur Menikmati Suasana Asri

"Ini merupakan penghargaan kedua yang kita terima, sebelumnya Desa Wisata Silokek menjadi harapan satu dalam kategori Digital Kreatif pada ADWI 2022 oleh Kemenparekraf," ujar Afrineldi.

Afrineldi juga menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung Geopark Silokek pada ajang API Award 2022 tersebut.

Selain itu, Desa Wisata Silokek juga menjadi perwakilan Indonesia pada ajang ASEAN Tourism Award (ATA) 2023 dalam kategori ASEAN Community-Based Tourism.

Kata Kadisparpora Sijunjung itu, untuk lebih meningkatkan kualitas dari Geopark Silokek, perlu ada pembenahan.

"Saat ini kami sedang melakukan pengerjaan pembangunan dua buah guest house untuk wisatawan yang akan menginap di Geopark Silokek," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved