Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 63, Bagian-bagian Struktur Teks Demonstrasi Massa

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 63, siswa diminta membaca kembali teks berjudul Demonstrasi Massa.

Buku Bahasa Indonesia kelas 11 edisi revisi 2017
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 63, siswa diminta membaca kembali teks berjudul Demonstrasi Massa. 

TRIBUNPADANG.COM - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 63, siswa diminta membaca kembali teks berjudul Demonstrasi Massa.

Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 63 dilansir dari berbagai sumber.

Simak selengkapnya kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 63 yang diperuntukkan bagi siswa yang sedang mengerjakan Kurikulum 2013.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 64, Bagian-bagian Struktur Teks Demonstrasi Massa

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 65, Contoh Kalimat Konjungsi Kausalitas

Tugas !
Bacalah kembali teks yang berjudul Demonstrasi Massa. Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya !

Kunci Jawaban:

a. Identifikasi Fenomena (Bagian-bagian teks)

Penunjukan isi:

Akhir-akhir ini demonstrasi kerap terjadi hampir setiap waktu dan terjadi di berbagai tempat. Bahkan, demonstrasi sudah menjadi fenomena yang lumrah di tengah-tengah masyarakat kita. Menanggapi fenomena tersebut, seorang kepala daerah menyatakan bahwa penyebab demonstrasi dan anarkisme tidak lain adalah faktor laparnya masyarakat. Lantas ia mencontohkan rakyat Malaysia dan Brunei yang adem ayem, lantaran kesejahteraan mereka terpenuhi maka demonstrasi di negara-negara itu jarang terjadi

Tentu saja komentar tersebut menyulut reaksi para mahasiswa. Mereka memprotes dan meminta sang bupati mencabut kembali pernyataannya. Para mahasiswa tidak terima dan tidak merasa memililci motif serendah itu. Mereka berpendirian bahwa demonstrasi yang biasa mereka lakukan murni untuk memperjuangkan kebenaran dan melawan kemungkaran yang terjadi di hadapannya.

b. Proses kejadian

Penunjukan isi:

Persoalannya kemudian, pendapat manakah yang benar; sang bupati atau pihak mahasiswa ataupun komponen-komponen masyarakat lainnya? Barangkali logika sang bupati dikaitkan dengan kebiasaan bayi atau anak kecil yang memang begitu adanya. Kalau seorang bayi merasa lapar, is akan ngamuk: menangis dan meronta-ronta. Namun, apabila logika sang bupati dibawa pada konteks yang lebih luas, jelaslah tidak relevan, misalnya membandingkan dengan kondisi rakyat di Malaysia ataupun Brunei yang adem-ayem, tidak seperti halnya rakyat Indonesia yang gampangan.

Demonstrasi massa tidak selalu disebabkan oleh urusan perut, bahkan banyak peristiwa yang sama sekali tidak didasari oleh motif itu. Dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, Abraham Maslow membaginya ke dalam beberapa tingkatan. Kebutuhan yang paling mendasar adalah makan dan minum. Sementara itu, yang paling puncak adalah kebutuhan akan aktualisasi diri.

Namun demikian, pada umumnya demonstrasi massa justru lebih didasari oleh kebutuhan tingkatan akhir itu. Masyarakat berdemonstrasi karena membutuhkan pengakuan dari pemerintah ataupun pihak-pihak lain agar hak-hak dan eksistensi mereka diakui. Karena merasa dibiarkan, hak-haknya diingkari, bahkan dinistakan, kemudian mereka berusaha

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved