Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 70, Eksplanasi Berdasarkan Struktur dan Kebahasaan

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 70, menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan.

Buku Bahasa Indonesia kelas 11 edisi revisi 2017
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 70, menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan. 

TRIBUNPADANG.COM - Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 70, menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan.

Pembahasan kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 70 ini dilansir dari berbagai sumber.

Simak selengkapnya kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 halaman 70 membantu siswa yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013.

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 68 69, Pola Pengembangan Menulis Teks Eksplanasi

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72, Daftar Topik Kegiatan Belajar di Sekolah

Baca juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 78 tentang Teks Ceramah

Alternatif Kunci Jawaban:

Teks ekplanasi yang digunakan berjudul Pengangguran.

Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan.

Alasan utama orang tersebut pengangguran yaitu karena tidak memiliki kemauan sama sekali untuk bekerja maupun mencari pekerjaan sehingga sehari-harinya hanya di habiskan di dalam rumah. Tidak jarang pula mereka hanya bergantung pada belas kasihan orang disekitar mereka.

Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Pengangguran biasanya terjadi karena tidak memiliki ijazah yang diperlukan untuk bekerja, minimnya pengetahuan orang tersebut, kurangnya keterampilan orang tersebut dalam mencari pekerjaan, dan tidak mampu bersaing dengan para pekerja lainnya.
Akibat terjadinya pengangguran, yaitu menimbulkan berbagai persoalan ekonomi dan sosial bagi yang mengalaminya. Pengangguran tersebut tidak mendapat penghasilan sehingga tidak dapat membelanjakan uang untuk membeli barang kebutuhan hidup. Bila jumlah pengangguran banyak, akan timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat pesat, dan berpotensi menimbulkan kriminal.

Maka dari itu pengangguran adalah masalah besar yang harus dicarikan solusi. Langkah pertama adalah dengan memperbaiki kondisi lapangan kerja. Dengan semakin baiknya kondisi lapangan kerja, kekerasan sosial akibat pengangguran bisa dikurangi atau diatasi. Langkah kedua dengan memperbaiki komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah ketiga adalah jika kita mampu memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja sehingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

1. Pernyataan Umum

Ide Pokok/Gagasan: Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Secara umum, banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak memiliki pekerjaan secara formal dan tidak mendapatkan penghasilan.

2. Urutan sebab-akibat 1
Ide Pokok/Gagasan: Alasan utama orang tersebut pengangguran yaitu karena tidak memiliki kemauan sama sekali untuk bekerja maupun mencari pekerjaan sehingga sehari-harinya hanya di habiskan di dalam rumah. Tidak jarang pula mereka hanya bergantung pada belas kasihan orang disekitar mereka.

3. Urutan sebab-akibat 2
Ide Pokok/Gagasan: Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Pengangguran biasanya terjadi karena tidak memiliki ijazah yang diperlukan untuk bekerja, minimnya pengetahuan orang tersebut, kurangnya keterampilan orang tersebut dalam mencari pekerjaan, dan tidak mampu bersaing dengan para pekerja lainnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved