Ratusan Warga Sumbar Deklarasikan La Nyalla Mattalitti Capres 2024, Asrinaldi: Ada Dua Kemungkinan

Warga Sumbar deklarasikan La Nyalla Mattalitti Capres 2024. Hal ini ditanggapi Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi.

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Rizka Desri Yusfita
TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR
Ratusan orang di Sumbar mendeklarasikan La Nyalla Mattalitti Capres 2024, Rabu (22/6/2022). Hal ini ditanggapi Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi sebagai sesuatu yang wajar di negara berdemokrasi. 

Laporan Reporter TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Ratusan warga Sumbar mendeklarasikan La Nyalla Mattalitti sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilu tahun 2024, Rabu (22/6/2022).

Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi menilai, deklarasi itu ialah hal yang lumrah di negara demokrasi.

"Saya pikir ini sesuatu yang memang menjadi pilihan bagi masyarakat."

"Menurut saya dukung mendukung itu wajar saja, hingga kemudian melakukan deklarasi, karena itu adalah hak warga negara," ujar Asrinaldi kepada TribunPadang.com, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Ratusan Orang di Sumbar Deklarasikan Dukungan, kepada La Nyalla Mattalitti Sebagai Capres 2024

Lebih lanjut dikatakannya, ada dua kemungkinan dibalik deklarasi La Nyalla Mattalitti Capres 2024 oleh ratusan orang tersebut.

Pertama, karena memang masyarakat Sumbar sangat mengagumi kepemimpinan La Nyalla di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sehingga layak dianggap sebagai Capres.

Kedua, dukungan ini memang disetting oleh elit tertentu dengan memobilisasi masyarakat untuk mendukung La Nyalla yg kebetulan datang ke Sumbar.

Di luar deklarasi itu, pengamat politik ini melihat La Nyalla tidak bertengger di bursa capres 2024, dilihat dari hasil survei sejumlah lembaga survei di Indonesia.

"Persoalannya-kan proses pencalonan presiden ini kan harus dari partai, harus dari partai atau dekat dengan partai," imbuh dia.

Hal yang demikian, kata Asrinaldi tentu menjadi catatan bagi La Nyalla, jika berminat menjadi bakal calon presiden.

Apalagi, La Nyalla juga bukan kader partai politik tertentu, sehingga agak sulit bagi La Nyalla untuk bersaing.

Dosen Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand), Asrinaldi
Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand), Asrinaldi (TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA)

Diketahui, ratusan warga Provinsi Sumatera Barat mendeklarasikan AA La Nyalla Mattalitti sebagai calon presiden (Capres) Republik Indonesia untuk pemilu tahun 2024 di GOR Prayoga Kota Padang, Rabu (22/6/2022) sore.

Koordinator deklarasi La Nyalla menjadi Capres ini, Muhammad Suhandi (43) mengatakan peserta deklarasi berasal dari beberapa daerah di Sumbar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved