Kabupaten Sijunjung

Geopark Silokek dan Kopi Carano Ameh dari Sijunjung, Tembus 10 Besar API Award 2022

Kabupaten Sijunjung, meloloskan dua perwakilan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022, di dua kategori dari 10 nominasi terbaik nasional

Penulis: Hafiz Ibnu Marsal | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/HAFIZ IBNU MARSAL
Ilustrasi: Pasir Putih di Nagari Silokek dikunjungi wisatawan. 

TRIBUNPADANG.COM, SIJUNJUNG - Kabupaten Sijunjung, meloloskan dua perwakilan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022, di dua kategori dari 10 nominasi terbaik nasional.

Dua perwakilan tersebut diantaranya, Geopark Ranah Minang Silokek lolos pada kategori Eko Wisata dan Kopi Carano Ameh lolos pada kategori minuman tradisional.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sijunjung, Afrineldi menyebut penghargaan tersebut diadakan setiap tahun oleh Badan Independen, Ayo Jalan-Jalan Indonesia yang berkerjasama dengan Kemenparekraf dan Kemenkumham.

"Sebelumnya kami mengirimkan perwakilan untuk delapan kategori, tetapi hanya dua yang masuk dan untuk saat ini penilaiannya masih berlangsung," ungkapnya kepada TribunPadang.com, Senin (6/5/2022).

Ia menjelaskan, penilaian telah dilakukan sejak tanggal 1 Juni 2022 hingga berakhir pada 31 Oktober 2022 mendatang.

Baca juga: Berita Populer Sumbar: IC Chapter Siap Promosikan Silokek, Harga Daging Sapi di Bukittinggi

Wisatawan mengunjungi Ngalau Basurek, sebuah destinasi wisata di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (10/5/2022)
Wisatawan mengunjungi Ngalau Basurek, sebuah destinasi wisata di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumbar, Selasa (10/5/2022) (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Baca juga: Pemkab Sijunjung Gelar Rakor Outdoor di Geopark Silokek, Sekaligus Launching Gebermen Indah

Lanjutnya, penilaian tersebut berdasarkan  vote SMS, dimana masyarakat bisa mengrimkan SMS dengan format API 9E untuk Geopark Silokek dan API 2D untuk Kopi Carano Ameh dan mengirimkannya ke nomor 99386.

"Selain SMS, penilaian juga dilakukan melalui like dan subscribe Youtube dan  like serta komentar di Instagram dan Facebook, pada postingan Geopark Silokek dan Kopi Carano Ameh di akun official akun Ayo Jalan-Jalan Indonesia," ujar Afrineldi.

Dikatakannya, dalam beberapa tahun kebelakang, Sijunjung terus lolos dalam nominasi API Award, pada 2019 Sijunjung berhasil juara dua di dua kategori.

Tahun 2020 juara dua di satu kategori dan tahun 2021 peringkat keempat disatu kategori.

"Kami berharap kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) terkhusus Kabupaten Sijunjung agar dapat membantu memberikan dukungan, agar Geopark Silokek dan Kopi Carano Ameh bisa menjadi juara satu," tutup Kadisparpora Sijunjung itu.(TribunPadang.com/Muhammad Hafiz Ibnu Marsal)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved