Citizen Journalism

Tips Lolos Indonesian International Student Mobility Awards, Raih Beasiswa Kampus Merdeka

PROGRAM Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA merupakan satu program beasiswa dari Kampus Merdeka, yang ditujukan untuk mahasisw

Editor: Emil Mahmud
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Ilustrasi : Mahasiswa sedang kuliah daring 

Citizen Journalism oleh: Alifa Piliang *)

PROGRAM Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA merupakan satu program beasiswa dari Kampus Merdeka, yang ditujukan untuk mahasiswa aktif di perguruan tinggi.

Program ini menawarkan kesempatan untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di universitas di luar negeri yang sudah bekerjasama dengan program IISMA

Program ini bersifat fully funded yang artinya penerima program ini atau yang berikutnya akan disebut awardee tidak akan mengeluarkan dana sama sekali.

IISMA sendiri baru pertama kali dilaksanakan pada 2021, yang berarti baru ada satu angkatan hingga saat ini.

Terungkap dari Annisa Aulia, seorang awardee yang lolos IISMA ke Sussex University, Inggris, yang berbagi tips dan trik (tricks) hingga dirinya bisa lolos program IISMA tersebut.

1. Bulatkan tekad dan motivasi

Motivasi adalah hal terpenting yang akan menjadi bagian paling pertama dari sebuah perjalanan. Bagi Annisa, bisa berkuliah di luar negri adalah suatu keharusan dan bisa mendapatkan beasiswa adalah nilai plus. “Aku udah menetapkan target kalo aku selama kuliah S1 harus bisa ikut exchange (pertukaran) ke luar.

2. Kenali potensi diri

Mengetahui lebih tentang diri sendiri adalah hal yang tidak begitu mudah bagi sebagian orang, namun untuk ikut IISMA, hendaknya memahami akan potensi diri sendiri. Guna dapat mengetahui hal, yang ditawarkan kepada program IISMA agar diterima nantinya.

Selain feedback, kita juga harus bisa mengukur diri, apakah kita mampu untuk berhasil di universitas yang kita tuju tersebut.

3. Gali informasi lebih dalam

Sebelum menggali informasi lebih dalam, kita tentu harus memasang target universitas mana yang hendak dituju berikutnya.

“Aku benar-benar melakukan research mendalam, aku cari tau sistem di Sussex gimana, penilaiannya gimana, kehidupannya gimana, apakah mereka terbuka dengan mahasiswa internasional atau tidak,” ujar Annisa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved