Kota Padang

Daging Sapi yang Positif PMK Aman Dikonsumsi, Distan Padang: Asalkan Dimasak dengan Matang

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapakan, daging sapi yang positif penyakit mulut dan kaki (PMK) aman dikonsumsi

Penulis: Rima Kurniati | Editor: Rizka Desri Yusfita
TribunPadang.com/Rima Kurniati
Dinas Pertanian Kota Padang melakukan pemeriksaan sapi di kandang sapi Pak Emi sebagai antisipasi PMK, Jumat (13/5/2022) - Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapakan, daging sapi yang positif penyakit mulut dan kaki (PMK) aman dikonsumsi 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati.

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengungkapakan, daging sapi yang positif penyakit mulut dan kaki (PMK) aman dikonsumsi selama dimasak dengan baik dan matang sempurna.

"Sebenarnya tidak masalah, karena virusnya tidak bisa menyebar ke manusia hanya ke hewan saja," kata Syahrial Kamat, Kamis (26/5/2022).

Meski demikian ia menyarankan agar bagian tubuh hewan yang rusak sebaiknya tidak dikonsumsi, karena dikhawatirkan berpengaruh pada manusia.

"Kalau ada bagian yang kena penyakit, sebaiknya dibuang dengan cara ditimbun, agar tidak menyebar pada sapi yang hidup," ungkapnya.

Baca juga: Update Kasus PMK di Payakumbuh Meningkat, Wali kota Riza Falepi: Jangan Takut Makan Daging

Baca juga: Stok Obat-obatan Masih Memadai, Distan Padang Bakal Kewalahan, Apabila PMK Merebak

Syahrial Kamat mengatakan, PMK ini memiliki gejala infeksi pada mulut, kaki dan nafsu makan hewan ternak berkurang hingga akan menyebabkan kematian pada hewan tersebut.

Ia menambahkan, hingga saat ini ada 32 sapi yang positif PMK di Padang.

Dikatakannya, awalnya hanya satu sapi yang ditemukan gejala PMK.

Setelah dilakukan pemeriksaan sapi tersebut dinyatakan positif PMK.

"Karena di kandang itu ada 32 sapi, maka diambil semua sampel, setelah diperiksa di laboratorium hasilnya semua positif," ungkapnya. (*)
 

 

 

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved