Sumatera Barat

Pemprov Sumbar Bakal Gelar Salat Idul Fitri di Halaman Kantor Gubernur, Rencana Mahyeldi jadi Khatib

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menggelar salat Idul Fitri di halaman kantor gubernur jalan Jenderal Sudirman.

TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Suasana salat Idul Adha di halaman kantor gubernur Sumbar, Minggu (11/8/2019) pagi. - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menggelar salat Idul Fitri di halaman kantor gubernur jalan Jenderal Sudirman. 

TRIBUNPADANG.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menggelar salat Idul Fitri di halaman kantor gubernur jalan Jenderal Sudirman.

Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan rapat bersama pihak terkait, Kamis (28/4/2022).

Juru Bicara Pemprov Sumbar Jasman Rizal mengatakan sesuai SE Kemenag RI Nomor 8 Tahun 2022, Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol
kesehatan.

"Untuk jadwal pelaksanaan salat ied 1 Syawal 1443 H / 2022 M, menunggu hasil penetapan oleh Kemenag RI," kata Jasman melalui keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Lokasi Shalat Idul Fitri 2022 di Bukittinggi Dipusatkan di Lapangan Kantin

Baca juga: Nama Khatib dan Imam Shalat Idul Fitri 2022 di Lapangan Merdeka Pariaman, Mulai Pukul 08.00 WIB

Namun demikian, lanjut Jasman, untuk sementara asumsi salat Idul Fitri dilaksanakan Senin, 2 Mei 2022.

"Kalau ada terjadi perubahan jadwal, akan disesuaikan kemudian," sambungnya.

Jasman menambahkan, untuk tempat pelaksanaan salat Ied 1 Syawal 1443 H/2022 M Pemprov sumbar, direncanakan di halaman kantor Gubernur Sumbar.

Akan tetapi kalau hari hujan dan atau lapangan tidak dapat digunakan karena sesuatu dan lain hal, maka salat Ied akan dilaksanakan di Masjid Raya Sumbar.

"Pelaksanaan prosesi salat Ied telah dimulai sejak pukul 06.00 WIB. Rencananya Khatib Gubernur Mahyeldi, cadangan dari Kanwil Kemenag. Sementara Imam H. Albizar, Lsc, M.Pd, cadangan M. Fathoni," jelas Jasman.

Jasman menyampaikan sesuai SE Kemenag RI No. 8 Tahun 2022 bahwa masyarakat dihimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam Idul Fitri Tahun 1443 H 2022 M di masjid, musala atau rumah saja. (*)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved