Lebaran 2022

Jelang Lebaran Idul Fitri: Waspadai Uang Palsu, Polda Sumbar Sasar Daerah Rawan Peredaran

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu di wilayah Sumbar menjelang lebaran Idul Fitri 1443

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.HUMAS POLDA SUMBAR
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, SIk, saat memberikan keterangan didamping pejabat lainnya pada Senin (14/3/2022) di Kantor Polda Sumbar, yang berada di Kota Padang. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -- Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengimbau masyarakat agar mewaspadai peredaran uang palsu di wilayah Sumbar menjelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Padang pada Senin (25/4/2022) siang.

"Menjelang lebaran biasanya kejahatan meningkat, kita tetap waspada dan mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap peredaran uang palsu," kata Kombes Pol Satake Bayu Setianto.

Kombes Pol Satake Bayu Setianto menyebutkan, jelang Lebaran hari raya idul Fitri biasanya menjadi momentum dalam peredaran uang palsu, diminta kepada masyarakat yang akan bertransaksi dalam penukaran uang atau di jasa-jasa penukaran uang selalu waspada.

Kabid humas Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait kasus peredaran uang palsu ke Polda Sumbar maupun di Polres jajaran.

Untuk mencegah peredaran uang palsu, jajaran akan terus melaksanakan patroli baik siang hari, maupun malam hari terutama di daerah rawan peredaran uang palsu.

Baca juga: Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa Terima Penghargaan, dari PWI Sumbar, Diserahkan Gubernur Mahyeldi

Ilustrasi: Polres Solok Arosuka mengamankan tiga pengedar uang palsu. Sejumlah uang pecahan Rp 100 ribu yang belum digunting ikut diamankan, beberapa waktu silam.
Ilustrasi: Polres Solok Arosuka mengamankan tiga pengedar uang palsu. Sejumlah uang pecahan Rp 100 ribu yang belum digunting ikut diamankan, beberapa waktu silam. (Istimewa)

Baca juga: Kombes Pol Imran Amir Pindah Tugas ke Polda Jateng, Kabid Humas: AKBP Ferry Harahap Jabat Kapolresta

"Kita akan menempatkan petugas untuk pengamanan objek-objek vital seperti bank, dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam beraktivitas," tambah Kabid humas.

Pihaknya menyampaikan, bagi masyarakat yang menemukan uang palsu segera laporkan ke kantor Polisi terdekat.

"Segera laporkan ke kantor polisi terdekat apabila menemukan adanya peredaran uang palsu, sehingga bisa dengan cepat ditindak lanjuti," pungkas Kombes Pol Satake Bayu Setianto.(*/rls)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved