Kabupaten Padang Pariaman

Kalaksa BPBD Padang Pariaman Paparkan Knowledge Sharing, Penanganan Infrastruktur Terdampak Bencana

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya di dapuk menjadi narasumber dalam

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.BPBD PADANG PARIAMAN
Para peserta Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat untuk wilayah se-Sumetera yang dilaksanakan Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Kedeputian Penanganan Darurat BNPB melakukan kunjungan ke Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar. Foto diambil baru-baru ini. 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PARIAMAN - Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Budi Mulya didapuk menjadi nara sumber dalam Knowledge Sharing bertempat di Grand Basko Hotel, Kota Padang pada 21-26/3/2022.

Adapun kegiatan ini diinisiasi oleh peserta dalam kegiatan ini Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Penanganan Darurat BNPB.

Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya mengatakan, ia saat menjadi narasumber menyampaikan perihal kegiatan yang dilaksanakan dalam 8 tahun terakhir terkait penanganan sarana prasarana vital atau infrastruktur yang terdampak bencana. 

Ia melanjutkan, Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Penanganan Darurat BNPB menjadikan BPBD Kabupaten Padang Pariaman sebagai percontohan.

Adapun dasar penentuan BPBD Kabupaten Padang Pariaman sebagai percontohan, katanya, karena banyaknya jumlah bantuan yang diterima dari daerah lain.

Selain itu juga dalam pelaksanaan dan pertanggung jawaban dari seluruh bantuan dana dari BNPB ataupun sumber dana lainnya tidak ada kendala atau permasalahan.

"Apalagi terakhir pada bulan Februari 2022 ini, tidak ada temuan hasil audit dari Inspektorat, BNPB dan BPK Pusat terkait pertanggung jawaban seluruh bantuan dari BNPB yang diterima BPBD Padang Pariaman selama ini," ujar Budi Mulya, Minggu (27/3/2022).

Selain penyampaian materi, kata Budi, kunjungan lapangan juga dilaksanakan ke ke wilayah Kabupaten Padang Pariaman, yaitu ke lokasi kegiatan Penagaman Tebing Sungai Batang Tapakis Tiram dan lokasi kegiatan penanganan jalan darurat Ujung Gunung – Salisikan.


"Kegiatan Penagaman Tebing sungai batang tapakis tiram merupakan bantuan dari BNPB berupa bantuan Dana Siap Pakai (DSP) dilanjutkan dengan bantuan Dana Hibah Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana Tahun 2017/2018," katanya.

Prakiraan Cuaca Senin-Selasa 28-29 Maret 2022: Cuaca Ekstrem, Hujan, dan Badai Potensi di 19 Wilayah

Para peserta Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat untuk wilayah se-Sumetera yang dilaksanakan Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Kedeputian Penanganan Darurat BNPB melakukan kunjungan ke Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar. Foto diambil baru-baru ini.
 
Para peserta Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat untuk wilayah se-Sumetera yang dilaksanakan Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Kedeputian Penanganan Darurat BNPB melakukan kunjungan ke Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumbar. Foto diambil baru-baru ini.   (ISTIMEWA/DOK.BPBD PADANG PARIAMAN)

Baca juga: BPBD Padang Pariaman Punya WRS New Generation InaTews, Info Real Time Peringatan Dini Tsunami-Gempa


Sedangkan, kegiatan penanganan jalan darurat Ujung gunung – Salisikan dilaksanakan pada Agustus hingga September 2021 berupa bantuan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan saat peresmian Jembatan Kayu Gadang Sikabu, Lubuk Alung.

"Dengan ada Knowledge Sharing dan tinjau lapangan ini, para peserta memberikan apresiasi kepada BPBD Kabupaten Padang Pariaman karena bagitu banyaknya yang telah dilaksanakan sehubungan sarana prasarana vital/infrastruktur yang terdampak bencana di wilayah Kabupaten Padang Pariaman dari berbagai bantuan sumber dana," tambah Budi Mulya.

Diketahui, Direktorat Dukungan Infrastruktur Darurat Kedeputian Penanganan Darurat BNPB, melaksanakan Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Infrastruktur Darurat untuk wilayah Sumetera yang dilaksanakan di Grand Basko Hotel Kota Padang, pada tanggal 21-26/3/2022. 

Kegiatan ini merupakan Kegiatan Prioritas Nasional (PN) BNPB tahun 2022 ini, dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya, dimana tahun 2022 ini pelaksanaannya ditempatkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang, terdiri dari seluruh BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sumatera dan ditambah BPBD Provinsi Banten, serta UPT BNPB Regional Sumatera.

Kegiatan ini, kata Budi Mulya bertujuan untuk meningkatan Kapasitas BPBD dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat terkait penanganan sarana prasarana vital atau infrastruktur yang terdampak bencana.
(TribunPadang.com/Wahyu Bahar)

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved