Breaking News:

BPBD Padang Pariaman Punya WRS New Generation InaTews, Info Real Time Peringatan Dini Tsunami-Gempa

Alat ini merupakan peralatan yang memberikan informasi secara real time kejadian gempa bumi dan juga memberikan informasi peringatan dini tsunami.

Penulis: Wahyu Bahar | Editor: afrizal
Kalaksa BPBD Padang Pariaman Budi Mulya
Sekda Padang Pariaman Rudi Rilis dan Kalaksa BPBD Budi Mulya menerima secara simbolis Peta Rawan Tsunami Padang Pariaman dari Deputi Inskalrekjarkom BMKG, Rabu (13/10/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Wahyu Bahar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PARIAMAN- Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Pusat memberikan bantuan peralatan dan kegiatan kepada Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam mendukung menciptakan Pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman risiko bencana gempa bumi dan tsunami.

Jenis peralatan yang diserahkan BMKG kepada Pemda Kabupaten Padang Pariaman adalah Peralatan Warning Receiver System (WRS) New Generation InaTews.

"Alat ini merupakan peralatan yang memberikan informasi secara real time kejadian gempa bumi dan juga memberikan informasi peringatan dini tsunami," kata Budi Mulya kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir di Mentawai, Pessel dan 4 Daerah  Sumbar

Baca juga: Sumbar Siaga Darurat Bencana hingga Desember 2021, BPBD Padang Lakukan Hal Ini

Peralatan ini kata Budi, sudah beroperasi di Kantor BPBD Padang Pariaman.

Sedangkan bantuan berupa kegiatan yang dilaksanakan oleh BMKG pusat adalah Kegiatan Comisioning Test Peralatan WRS New G InaTews yang telah dilaksanakan di Kantor BPBD Padang Pariaman hari Rabu tanggal 29 September 2021.

Kemudian kegiatan Sekolah Lapangan Geofisika (SLG) untuk 14 nagari pesisir pantai pada hari Rabu hingga Kamis tanggal 13 - 14 Oktober 2021.

"Selanjutnya juga ada kegiatan BMKG Go to School, untuk kegiatan Simulasi di lokasi sekolah pesisir pantai pada hari Rabu hingga Kamis tanggal 20 - 21 Oktober 2021," lanjut dia.

Budi menilai, bantuan peralatan dan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan BMKG ini merupakan bukti kepedulian dan kerjasama BMKG dengan BPBD Padang Pariaman dalam menciptakan kesiapsiagaan dan Pencegahan dalam menghadapi ancaman risiko gempa bumi dan tsunami bagi masyarakat.

Deputi Inskalrekjarkom BMKG, Suko Prayitno Adi pada menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman menjadi prioritas bagi BMKG dalam melaksanakan sosialisasi dan simulasi dalam menghadapi potensi risiko bencana gempa bumi dan tsunami.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved