Breaking News:

Aturan Naik Kereta Api Antarkota November 2021, Kini Penumpang Bisa Gunakan Hasil Rapid Test Antigen

Aturan Naik Kereta Api Antarkota November 2021, Kini Bisa Gunakan Hasil Rapid Test Antigen

Editor: Eka Fitriani
Istimewa
Kereta Api Minangkabau Ekspres, Jumat (23/4/2021). 

TRIBUNPADANG.COM - Syarat terbaru untuk menaiki kereta api antarkota untuk bulan November 2021 adalah tarif rapid test antigen untuk 70 stasiun di Jawa dan Sumatera.

Hal tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Perhubungan untuk penumpang yang akan menaiki kereta api antarkota.

Aturan tersebut berada dalam sebuah Surat Edaran Nomor 97 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Di dalam surat tertulis tersebut, penumpang diperbolehkan hanya menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama lengkap dengan keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Liga 3 Grup A Zona Asprov PSSI Sumbar di Stadion Ateh Ngarai Bukittinggi

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang di 8 Daerah Sumbar

Namun peraturan tersebut hanya berlaku bagi penumpang yang berada dalam lingkup perjalanan dari dan ke daerah dalam wilayah pulau Jawa.

Terkait peraturan sebelummya, penumpang diberikan pilihan lain untuk surat keterangan yaitu hasil tes RT-PCR dengan sampel yang diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam.

Aturan Terbaru Naik Kereta Api Antarkota berdasarkan Surat Edaran Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021

1. Penumpang bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama serta menggunakan hand sanitizer, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku;

2. Mematuhi ketentuan pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 22 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), berupa:

a. penggunaan masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut;

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved