Berita Padang Hari Ini

Juru Parkir di Pantai Padang Berseragam Rompi dan Kartu Identitas, Raju: Berikan Rasa Aman Wisatawan

Pihak Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Pariwisata Kota Padang akan melakukan sejumlah upaya penertiban serta keamanan d

Penulis: Rima Kurniati | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa didampingi Camat Padang Barat Eri Sendjaya melakukan foto bersama jajaran dari unsur kepolisian sektor (Polsek) Padang Barat serta Koramil setempat serta pejabat lainnya, Selasa (26/10/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG -  Pihak Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Pariwisata Kota Padang akan melakukan sejumlah upaya penertiban serta keamanan di kawasan obyek wisata di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Sebelumnya, sempat viral sekaligus heboh atas ulah oknum juru parkir, yang diduga memalak pengunjung di kawasan Pantai Padang beberapa waktu lalu.

Hingga kini terduga pelaku aksi pemalakan di sekitar kawasan obyek wisata Pantai Puruih atau Danau Cimpago Pantai Padang sudah tertangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian. 

Sampai sejauh ini, Pihak Pemko Padang melalui Dinas Pariwisata Kota Padang segera melakukan sejumlah upaya agar hal tersebut tidak terulang lagi.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan Pemko Padang ke depan.

Di antaranya, pertama melakukan penyempurnaan pengelolaan lahan parkir dengan melibatkan tokoh masyarakat serta pengawasan dari aparat setempat.

"Kita akan siapkan petugas parkir yang resmi, pakai rompi dan kartu identitas. Sehingga semua orang akan tahu bahwa itu adalah juru parkir. Ketika tidak ada kriteria tersebut, maka masyarakat tidak perlu bayar uang parkir," kata Raju, Selasa (26/10/2021)

Kedua, mengaktifkan kembali posko komando untuk melakukan pengamanan ketertiban di kawasan pantai Padang, sehingga ketika ada pemalakan lagi para pengunjung wisata dapat melapor ke posko tersebut.

"Ketiga, kita akan lakukan patroli rutin di sepanjang pantai Padang dengan melibatkan pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP Kota Padang. Ketika kita temukan lagi pemalakan langsung kita tangkap," tambahnya.

Raju menyayangkan aksi pemalakan yang terjadi di kawasan pantai Padang tersebut terjadi di tengah kondisi pariwisata Kota Padang yang mulai membaik.

Yakni, katanya kondisi saat ini yang ditandai turunnya status level Kota Padang dari PPKM level 4 ke level 2 dalam pengendalian pandemi Covid-19.

"Mewakili Wali Kota Padang, Bapak Hendri Septa saya mengimbau kepada masyarakat Kota Padang untuk bersama-sama melakukan pengawasan, sehingga hal seperti ini tidak terulang lagi. Sebagai kota wisata dan tujuan masyarakat untuk berlibur kita punya tanggung jawab memberikan rasa aman kepada mereka," harap Raju.

Senada dengan itu, Camat Padang Barat Eri Sendjaya mengatakan, Pemerintah Kota Padang melalui pemerintah kecamatan akan melakukan peningkatan kualitas terhadap SDM maupun SDA dari juru parkir yang bertugas di sepanjang pantai Padang tersebut. 

"Untuk itu dalam waktu dekat ini kita akan segera kumpulkan seluruh petugas parkir yang bertugas di kawasan pantai Padang. Kita akan ingatkan kembali tentang tugas pokok dan fungsi serta kewajiban mereka," ujar Eri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved