Breaking News:

Tradisi Raba'akia sebagai Wujud Rasa Syukur, dan Ajang Bersilaturrahmi di Air Manis Kota Padang

Melihat tradisi dengan penuh rasa syukur dan ajang silaturrahmi yang bernama Raba'akia pada masyarakat kawasan Pantai Air Man

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Tradisi Raba'akia di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Melihat tradisi dengan penuh rasa syukur dan ajang silaturrahmi yang bernama Raba'akia pada masyarakat kawasan Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya oleh masyarakat yang dikenal juga dengan sebutan 'Tolak Bala'.

Raba'akia merupakan singkatan dari hari Rabu terakhir pada Bulan Syafar dalam kalender Islam.

Masyarakat pun datang berbondong dalam pelaksanaan kegiatan ini pada sore hari dan saling bertegur sapa dalam menjalin silaturrahmi.

Masyarakat yang datang membawa semua keluarganya, dan membawa peralatan seperti gayung serta alat yang bisa menampung air.

Pelaksana Raba'akia, Asrul, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dimulai dari Masjid Nurul Ihsan.

"Kegiatan disebut Raba'akia atau hari Rabu terakhir di bulan Syafar. Jadi ini merupakan tradisi dna kebiasaan daripada masyarakat di Air Manis dan Bukit Gado-gado," kata Asrul, Rabu (6/10/2021).

Asrul menyebutkan kegiatan ini dengan tolak bala atau dikenal dengan Raba'akia. Kata dia, kegiatan ini diawali dengan Salat Ashar berjamaah di Masjid Nurul Ihsan di Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Masjid Nurul Ihsan, kata dia, adalah masjid yang paling tertua di Kelurahan Air Manis. Setelah itu, dari masjid dilakukan perjalanan secara bersama-sama beriringan ke kawasan Pantai Air Manis.

Sepanjang jalan menuju kawasan pantai dilakukan pembacaan 'Lailahaillallah' sebanyak mungkin sambil berjalan kaki dari masjid.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved