Breaking News:

Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Sumbar Sudah di Atas 20 Persen

Sementara, vaksinasi dosis kedua baru 9,95 persen dan dosis ketiga 0,29 persen dari total sasaran vaksinasi sekitar 4.408.589 jiwa.

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: afrizal
TRIBUNPADANG.COM/REZI AZWAR
Kegiatan vaksinasi di SMAN 6 Padang, Jumat (24/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumbar sudah menembus angka 21,04 persen untuk dosis pertama.

Sementara, vaksinasi dosis kedua baru 9,95 persen dan dosis ketiga 0,29 persen dari total sasaran vaksinasi sekitar 4.408.589 jiwa.

Kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Sumbar, Yun Efiantina mengatakan capaian vaksinasi Sumbar sudah berada sedikit di atas rata-rata nasional. 

"Kita terus melakukan upaya percepatan, ada Gebyar Vaksinasi di tingkat pelajar SMA/SMK dan SLB serta SMP sederajat," kata Yun Efiantina, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Wagub Audy Sebut Capaian Vaksinasi Sumbar Bertambah 10 Ribu Orang/hari namun Mungkin Belum Terinput

Baca juga: Melewati Jalan Tanah dan Berlumpur Sedalam 1 Meter Demi Vaksinasi Warga di Solok Selatan

Selain itu, pihaknya juga gencar memberikan edukasi-edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi.

Ia tak menampik capaian vaksinasi di Sumbar sempat berada di bawah rata-rata nasional sehingga menjadi sorotan Presiden Jokowi.

"Dua minggu lalu sempat di bawah 20 persen, itu karena susahnya mengumpulkan warga untuk vaksinasi dan banyak hoaks yang beredar soal vaksin," ungkap Yun Efiantina.

Namun demikian pihaknya terus melakukan evaluasi. Bahkan sudah ada instruksi Gubernur agar bupati wali kota meningkatkan sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Lalu meminta bupati wali kota agar memastikan seluruh pengawai di lingkungan Pemda sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis I dan II.

Tak hanya itu, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka harus dipastikan sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, memetakan sasaran yang belum divaksin dan membuat strategi percepatan sehingga diakhir September 2021 target capaian per kabupaten kota bisa mencapai 35 persen.

"Stok vaksin Covid-19 di Sumbar sangat cukup, tidak ada penumpukan. Jika pun ada di gudang penyimpanan provinsi, itu untuk kabupaten kota dalam keadaan mendesak," terang Yun Efiantina.

Ia merinci saat ini buffer stok vaksin Covid-19 yang ada di gudang penyimpanan provinsi, di antaranya Vaksin CoronaVac 1.362 dosis dan Astrazeneca 6. 700 dosis. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved