Breaking News:

Bacalah Dongeng Tentang Pohon Kelapa! Setelah Membacanya, Ceritakanlah Kembali Isi Dongeng

Bacalah Dongeng Tentang Pohon Kelapa ini! Setelah Kalian Membacanya, Ceritakanlah Kembali Isi Dongeng tersebut

Editor: Rima Kurniati
Tema 3 Kelas 3 halaman 20
Bacalah Dongeng Tentang Pohon Kelapa! Setelah Membacanya, Ceritakanlah Kembali Isi Dongeng 

TRIBUNPADANG.COM - Bacalah dongeng tentang pohon kelapa di bawah ini! Setelah kalian membacanya, ceritakanlah kembali isi dongeng tersebut

Pernyataan tersebut merupakan soal halaman 23 di Tema 2 Kelas 3 SD/MI, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi terbaru revisi 2018.

Soal tersebut terdapat pada Subtema 1 tentang Manyayangi Tumbuhan dan Hewan pada pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 22

Bacalah dongeng tentang pohon kelapa di bawah ini! Setelah kalian membacanya, ceritakanlah kembali isi dongeng tersebut

Jawaban:

Seorang laki-laki mendaki gunung yang tinggi. Ia ingin mengunjungi penyihir sakti. Penyihir sakti mempersilakan laki-laki itu masuk ke pondoknya. “Wahai Penyihir sakti, ada sesuatu yang ingin kumohon darimu,” kata laki-laki itu sambil menunduk dengan hormat. “Aku ingin diberi sesuatu olehmu, agar aku menjadi seseorang yang sangat berguna bagi setiap orang.”

“Permintaanmu cukup bagus,” sahut Penyihir sakti. Ia mengeluarkan sebuah kotak hijau yang kecil. Dia berkata, “Kau baru boleh membukanya jika kau sudah tiba di rumah!” Laki-laki itu menerima kotak hijau tersebut dengan perasaan gembira. Setelah mengucapkan terima kasih, dia berjalan menuruni gunung.

Di tengah perjalanan dia tergoda untuk membuka kotak hijau itu. Ia ingin melihat apa isinya, namun ia tidak jadi membukanya. Saat ia ingat pada pesan Penyihir sakti. Ketika tiba di kaki gunung, lagi-lagi dia tergoda, ingin melihat isi kotak hijau tersebut. Ia lalu membuka kotak hijau itu.

Tiba-tiba laki-laki itu berubah menjadi pohon yang daunnya panjang dan buahnya besar-besar. Terdengar suara Penyihir sakti dari puncak gunung. “Karena kau tak mematuhi kata-kataku, kau berubah menjadi pohon kelapa.

Namun, permohonanmu tetap terkabul. Kau sangat berguna. Tiap bagian darimu berguna bagi manusia. Daunmu, buahmu, dan batangmu dapat dimanfaatkan manusia. Sejak saat itu, pohon kelapa cepat berkembang biak, sehingga bisa dijumpai di mana-mana. Orang menghargai pohon kelapa karena banyak gunanya

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved