Breaking News:

Pertanyaan dan Hasil Pengamatan, Tulis Perbedaan yang Kamu Temukan dari Ketiga Tempat Tersebut

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

Editor: Saridal Maijar
Tangkapangambar/Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Pertanyaan dan Hasil Pengamatan, Tulis Perbedaan yang Kamu Temukan dari Ketiga Tempat Tersebut 

TRIBUNPADANG.COM - Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

Pertanyaan tersebut merupakan soal Buku Tema 3 Kelas 4 SD/MI halaman 5, Pembelajaran 1 Subtema 1 yang berjudul Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku.

Subtema 1 ini merupakan bagian dari Buku Tema 3 berjudul Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Berikut pertanyaan dan kunci jawaban Tema 3 Kelas 4 halaman 5:

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

Jawaban:

Dari lokasi ketinggian. Perbedaan pertama dari dataran tinggi dan juga dataran rendah bisa kita lihat dari lokasi dan juga ketinggian dari kedua dataran tersebut.Dataran rendah, secara teoritis merupakan suatu dataran yang berlokasi dengna ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut. Sedangkan dataran tinggi merupakan daerah dataran yang memilki ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut).

Dari lokasi dan lingkungan sekitar. Dataran rendah kebanyakan merupakan daerah yang berdekatan lokasinya dengan pantai, serta hilir sungai sehingga akan mudah menjadi penyebab banjir. Sedangkan dataran tinggi merupakan dataran yang lokasi sekitarnya mirip seperti pegunungan dan juga perbukitan.

Dari sisi ekonomi dan sosial. Ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan ketimbang dataran tinggi, terutama faktor pembangunan ekonomi yang menyangkut kegiatan industri, perkantoran dan juga bisnis komersil. Lokasi dataran rendah yang kontur tanahnya datar dan rata, membuat pembangunan gedung dan juga industri menjadi mudah untuk dilakukan pada dataran rendah yang akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Dari sisi Iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang cenderung panas, kering dan juga memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki kelembaban udara dan juga kelembaban tanah yang tinggi, suhu udara yang cenderung sejuk, namun memiliki curah hujan yang relatif rendah. Meski demikian, lokasi dataran tinggi merupakan lokasi yang pas untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memilki kualitas unsur hara di dalam tanah yang baik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved