Berita Universitas Bung Hatta

Webinar Membangun Keteladanan Bung Hatta, Prof Meutia: Demokrasi Ekonomi untuk Kemakmuran Rakyat

Universitas Bung Hatta menggelar webinar dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-119; Membangun Ketauladanan Bung Hatta pada Rabu (11/8/2021).

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/REPRO PANPEL WEBINAR
Universitas Bung Hatta menggelar Webinar dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-119 Membangun Ketauladanan Bung Hatta, Rabu (11/8/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Universitas Bung Hatta menggelar webinar dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-119; Membangun Ketauladanan Bung Hatta pada Rabu (11/8/2021).

Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr Tafdil Husni, SE, MBA mengemukakan Universitas Bung Hatta selama ini konsisten dalam membekali para mahasiswa dengan pendidikan karakter yang secara rutin diberikan di lingkungan kampus Universitas Bung Hatta.

Dari pencermatan TribunPadang.com, Rektor Prof Tafdil mengulas ketauladanan Bung Hatta, yang telah ditanamkan hendaknya tetap dirawat dan dipelihara dalam upaya membangun generasi terbaik. 

Sambutan dan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi yang membuka acara webinar di sela berlangsung acara menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan Universitas Bung Hatta kali ini.

Sebelumnya,, webinar kali ini menghadirkan putri serta pihak keluarga Sang Proklamator Bung Hatta, Prof Meutia Hatta dan Gemala Hatta serta Keynote Speaker Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir serta para nara sumber Andrianof A Chaniago dan Prof. Dr. Maizar Rahman, Ketua umum YPBH. 

Baca juga: Update Festival Film Pendek Bung Hatta Muda, Jadwal Pendaftaran dan Pengiriman Video Diperpanjang

Sebelum momentum Gubernur Sumbar, Mahyeldi bergabung sembari mengikuti agenda dinasnya di Pariaman, giliran Moderator Webinar Dr Ir Hidayat mengarahkan langsung kepada putri Proklamator mendiang Bung Hatta, yaitu Prof. Meutia Hatta Bung Hatta tampil mengawali presentasinya.

Dalam kertas kerjanya, Prof Meutia Hatta menyinggung tentang demokrasi ekonomi, kemakmuran untuk rakyat.

Sejauh ini, menurutnya pemikiran kerakyatan Bung Hatta, menempatkan peran rakyat dan kepentingan rakyat sebagai yang harus diutamakan. 

"Keteladanan akan bermanfaat bila melakukan selalu dengan jujur, karena berprinsip mensejahterakan rakyat dan memuliakan rakyat Indonesia,".

Hakikatnya, imbuh Meutia bahwa Bung Hatta memiliki prinsip yang tegas untuk membuat dirinya sama dengan perbuatan.

"Beliau (Bung Hatta-red) tidak pernah mengubah niat atau janji yang sudah disampaikan," jelas Meutia, seraya merinci setiap pointer penting dari presentasinya.

Selanjutnya, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Panut Mulyono turut mengisi sesi presentasi dalam webinar kali sebagai satu dari nara sumber yang dihadirkan panitia pelaksana.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengutip harapan Bung Hatta yang meminta kepada UGM terhadap persoalan negara dan masyarakat. Menurutnya, hal tersebut yang diutarakan dalam pidatonya, realitas yang tidak sesuai dengan idealisme yang tertanam dan tubuh dalam hati yang murni.

Lanjut, Andrinof Chaniago dalam sesi presentasi mengemukakan bahwa Bung Hatta dalam menggapai cita-citanya, tetap mendengarkan nasihat dari orangtua, serta kakeknya yang merupakan seorang tokoh agama di daerah asalnya.

Universitas Bung Hatta menggelar Webinar dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-119 Membangun Ketauladanan Bung Hatta, Rabu (11/8/2021).
Universitas Bung Hatta menggelar Webinar dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-119 Membangun Ketauladanan Bung Hatta, Rabu (11/8/2021). (ISTIMEWA/REPRO PANPEL WEBINAR)

Baca juga: 119 Tahun Proklamator Bung Hatta, Universitas Bung Hatta Siap Hadirkan Sandiaga Uno dan Erick Thohir

Halaman
12
Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved