Breaking News:

Kunci Jawaban Tema

Ide Pokok Masing-masing Paragraf Bacaan Gerabah dari Pulau Madura, Tema 1 Kelas 5 Halaman 127

Paragraf 1: Salah satu di antara warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah,

Editor: afrizal
Tangkapangambar/Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Ide Pokok Masing-masing Paragraf Bacaan Gerabah dari Pulau Madura, Tema 1 Kelas 5 Halaman 127 

TRIBUNPADANG.COM- Menemukan ide pokok masing-masing paragraf bacaan Gerabah dari Pulau Madura menjadi tugas siswa SD/MI yang belajar tema 1 kelas 5 halaman 127.

Sebelumnya siswa diminta memahami bacaan seputar Gerabah dari Pulau Madura.

Terdiri dari 11 paragraf, siswa kemudiam diminta menemukan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan tersebut.

Jawaban:

Paragraf 1: Salah satu di antara warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.

Paragraf 2: Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat

Paragraf 3: Tak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibuat untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.

Paragraf 4: Gerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajain di Madura adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus.

Paragraf 5: Beberapa daerah di Madura menjadi penghasil gerabah seperti di Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, Blega Byangkalan, dan lain-lain.

Paragraf 6: Memang tidak semua daerah di Madura menghasilkan gerabah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved