Breaking News:

Corona Sumbar

Pemprov Sumbar Minta Rumah Sakit Umum Daerah Tambah Tempat Tidur Pasien Covid-19

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, salah satu indikator sebuah daerah terkena kebijakan PPKM Darurat adalah persentase BOR yang tinggi.

Penulis: Rizka Desri Yusfita | Editor: afrizal
Biro Adpim Setdaprov Sumbar
Wagub Audy Joinaldy saat meninjau kesiapan RSUD Padang Panjang dalam pelaksanaan PPKM Darurat, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG PANJANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meminta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menambah jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19 agar persentase tingkat keterisian atau BOR bisa menurun.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, salah satu indikator sebuah daerah terkena kebijakan PPKM Darurat adalah persentase BOR yang tinggi.

"Karena itu kita minta RSUD untuk menambah jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19 agar BOR-nya kembali turun," kata Audy Joinaldy saat meninjau kesiapan RSUD Padang Panjang dalam pelaksanaan PPKM Darurat, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: UPDATE Corona Sumbar:Tambah 666 Kasus Sudah 58.388 Warga Terinfeksi Covid-19, Padang Terbanyak

Baca juga: Update Kasus Covid-19 di Padang Pariaman, Angka Kesembuhan 80 Hingga 85 Persen

Wagub mengatakan untuk RSUD di Padang Panjang BOR-nya sudah di atas 90 persen. 

Hal itu disebabkan Padang Panjang merupakan daerah perlintasan sehingga pasien yang masuk banyak yang berasal dari luar daerah.

Tapi dengan kebijakan penambahan tempat tidur bagi pasien Covid-19 diharapkan BOR di Padang Panjang turun sehingga bisa lepas dari penerapan PPKM darurat pada 20 Juli 2021.

Selain tingkat keterisian tempat tidur di RSUD, Wakil Gubernur Sumbar Audy juga meninjau kesiapan ketersediaan oksigen di masing-masing Rumah Sakit.

Ia menyebut saat ini untuk pengiriman oksigen liquid dari Jawa sudah mulai dibatasi karena itu pasokan oksigen untuk Sumbar akan bergantung ke Riau.

Baca juga: Siswa SMP dan SMA Batang Anai Padang Pariaman Divaksin Covid-19, Beragam Reaksinya

Baca juga: Dokter Spesialis Anak SPH: Jika Anak Tertular Covid, Ini Sikap Bijak yang Harus Dilakukan Orangtua

"Di Sumbar ada enam supplier oksigen namun untuk langkah antisipasi kita juga akan berkoordinasi dengan pemasok di Riau," kata Audy.

Sementara itu Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran mengatakan pihaknya akan menerapkan semaksimal mungkin asesmen yang diberikan oleh Pemprov Sumbar agar daerah itu bisa lepas dari PPKM darurat.

"BOR tadi sudah ada solusi. Kita juga akan tingkatkan capaian vaksinasi agar Padang Panjang bisa secepatnya lepas dari PPKM darurat," kata Fadly Amran. (*)

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved