Breaking News:

Masa PPKM Darurat, Kemenhub Terbitkan Aturan Perjalanan dari Luar Negeri dengan Transportasi Laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor. SE. 48 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan O

Editor: Emil Mahmud
KEMENHUB
Ilustrasi: kapal laut 

TRIBUNPADANG.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor. SE. 48 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dari Luar Negeri dengan transportasi laut pada masa pandemi Covid-19.

Hal itu guna menindaklanjuti Addendum Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor. 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada masa Pandemi Covid-19,

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H Purnomo mengatakan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor. SE. 48 Tahun 2021 ini dimaksudkan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat terhadap pelaku perjalanan dari luar negeri yang menggunakan moda transportasi laut di pelabuhan pada masa pandemi Covid-19.

“Selain itu, juga untuk mencegah terjadinya peningkatan persebaran Covid-19 termasuk varian virus SARS-CoV-2 dan SARS-CoV-2 Baru yang telah bermutasi menjadi varian alpha, varian beta, varian delta dan varian gamma di berbagai dunia termasuk Indonesia, serta potensi berkembangnya virus SARS-CoV-2 varian baru lainnya” kata Dirjen Agus di Jakarta, Rabu (7/7/2021)

Dirjen Agus kemudian menjelaskan bahwa pemberlakuan Surat Edaran Menteri Perhubungan ini mulai berlaku efektif sejak tanggal 6 Juli 2021 sampai dengan waktu yang ditentukan dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

Agus berharap agar masyarakat khususnya yang melakukan perjalanan dari luar negeri bisa mematuhi dan menjalankan aturan ini sebaik-baiknya serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Tentunya pemerintah berharap dengan dikeluarkannya aturan ini masyarakat khususnya yang melakukan perjalanan dari luar negeri dapat memahami dan menjalankan aturan ini terutama pada masa PPKM Darurat mengingat saat ini kondisinya sangat membahayakan,"

"Sayangi keluarga kita, agar tetap aman dan terhindar dari Covid-19. Butuh kesadaran dan kerja sama semua pihak untuk mencegah penularan covid-19 baru agar tidak menyebar di wilayah Indonesia,” kata Agus.

Dirjen Agus Purnomo juga menjelaskan bahwa secara umum ketentuan yang diatur dalam SE Menteri Perhubungan Nomor. SE. 48 Tahun 2021 antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pelaku perjalanan dari luar negeri harus memenuhi ketentuan:

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved