Breaking News:

Wapres Kunjungi Pariaman

Riwayat Pasar Rakyat Pariaman Pernah Kena Gempa 2009, Hingga Diresmikan Wapres RI

Pasar Rakyat Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) sudah diresmikan Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin, Selasa (6/4/2021).

media center Kota Pariaman
Wapres Ma'ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Pariaman, Selasa (6/4/2021) didamping Gubernur Sumbar Mahyeldi. Dalam kesempatan itu Mahyeldi juga meminta bantu pembangunan 5 pasar rakyat tahun 2021 ini. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pasar Rakyat Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) sudah diresmikan Wakil Presiden (Wapres) RI Maruf Amin, Selasa (6/4/2021).

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan, Pasar Rakyat Pariaman merupakan pasar yang dibangun pada 1980-an.

Pasar tersebut pernah terkena gempa pada Tahun 2009 kemudian belumlah pernah diperbaiki kembali. 

"Melihat kondisi pasar yang tidak kondusif karena keterbatasan keuangan daerah, kami mengusulkan ke Presiden untuk membantu pembangunan pasar."

"Alhamdulillah, pasar mulai dibangun pada akhir 2019, anggaran yang dipakai mencapai 100 miliar dan pasar ini telah selesai," ungkap Genius Umar.

Wali Kota Pariaman ini juga menyebut Pasar Rakyat Pariaman dibangun dengan konsep green building, hemat listrik dan juga lebih sejuk.

Selain itu juga tahan gempa dan pondasinya cukup kuat.

Suasana Pasar Rakyat Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang telah diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (6/4/2021) .
Suasana Pasar Rakyat Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang telah diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (6/4/2021) . (TRIBUNPADANG.COM/WAHYU BAHAR)

Baca juga: Warga Pariaman Antusias Sambut Wapres Maruf Amin di Pasar Rakyat, Menunggu dari Pukul 7 Pagi

Baca juga: Pedagang Pasar Rakyat Pariaman dan Wapres Maruf Amin Berdialog, Zulkifli: Saya Sempat Gugup Ditanyai

"Kami bangun shelter di atasnya sehingga ketika terjadi bencana, para pedagang maupun pengunjung bisa menempati shelter di bangunan paling atas pasar," tutur Genius Umar.

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI M Lutfi mengapresiasi seluruh instansi pemerintah pusat, jajaran Pemko Pariaman dan pedagang pasar Pariaman atas kerja keras dukungan dan kerja sama dalam pembangunan pasar.

Halaman
1234
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved