Breaking News:

Berita Sumbar Hari Ini

Wacana Daerah Istimewa Minagkabau Ditanggapi Plt Wako Padang, Hendri Septa: Saya Sah-sah Saja

Terkait wacana Daerah Istimewa Minagkabau (DIM),Plt Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan tanggapan atas usulan perubahan Provinsi Sumat

istimewa
Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa, saat menjadi narasumber Padang Creative Talk Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno', Senin (22/3/2021) malam 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Terkait wacana Daerah Istimewa Minagkabau (DIM),Plt Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan tanggapan atas usulan perubahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi DIM tersebut.

Menurutnya, Provinsi Sumbar dalam sejarahnya termasuk provinsi yang menyelamatkan Indonesia.

"Saya sah-sah saja, tidak apa-apa. Sumbar itu sejarahnya termasuk provinsi yang menyelamatkan republik ini saat agresi militer kedua," kata Hendri Septa, Selasa (23/3/2021).

Ia menambahkan, saat itu ibu kota Indonesia atau pemerintahan darurat Indonesia dipindahkan ke Kota Bukittinggi, Provinsi Sumbar.

Hendri Septa mengatakan, Ia pernah bersama Ketua Bela Negara Provinsi Sumbar Mahyeldi berkunjung ke Gunung Omeh, Lima Puluh Kota.

Di sana berdiri sebuah bangunan megah, yang diketahui sebagai stasiun radio yang memberi tahu Indonesia masih ada saat peristiwa tersebut.

"Sebenarnya menurut saya, tidak masalah wacana Daerah Istimewa Minangkabau ini, karena memang kalau bukan adanya pemerintahan darurat tidak akan Indonesia," ungkapnya.

Menurutnya, jika tidak ada pemerintahan darurat Indonesia saat itu, kemungkinan Indonesia tidak akan ada sekarang.

Hendri Septa mengaku kagum dengan sikap Syafruddin Prawinegara yang langsung membentuk pemerintah darurat Indonesia di Bukittinggi.

"Kalau saat itu beliau serahkan saja atau menyerah ke penjajah tidak akan ada Indonesia. Begitu cerdiknya orang Minang ini," ungkapnya

Baca juga: Bahas Wacana Daerah Istimewa Minangkabau, LKAAM Sumbar akan Bertemu Anggota Komisi II DPR

Halaman
1234
Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved