Breaking News:

Kota Padang Canangkan Creative Space, Plt Wako: Upaya Pengembangan Pelaku Industri Ekonomi Kreatif

Kota Padang Canangkan Creative Space, Plt Wako: Upaya Pengembangan Pelaku Industri Ekonomi Kreatif

istimewa
Plt Wali Kota Padang, Hendri Septa, saat menjadi narasumber Padang Creative Talk Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno', Senin (22/3/2021) malam 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati.

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki banyak sekali para pelaku industri Ekonomi Kreatif (ekraf). 

Total para pelaku ekraf di Kota Padang saat ini berjumlah 1.968 orang yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa saat menjadi narasumber 'Padang Creative Talk Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno', Senin (22/3/2021) malam.

Baca juga: BPBD Sebut Ada 2 Titik Jalan Rusak Akibat Tergerus Banjir di Kabupaten Padang Pariaman

Baca juga: Hujan Deras Landa Kota Padang, BPBD Imbau Waspada di Daerah Langganan Banjir

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut mengangkat tema "Mambangkik Parekraf Dimasa Pandemi Covid-19".

Hendri Septa merincikan, sebanyak 1.968 para pelaku usaha kreatif paling banyak berada di Kecamatan Koto Tangah sebesar 16 persen, Kuranji sebesar 13,8 persen dan Kecamatan Padang Barat yaitu 11,9 persen.

"Dari 1.968 para pelaku ekraf ada 258 sub sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19 diantaranya berada di sektor kuliner, kriya atau kerajinan tangan, seni pertunjukan, periklanan, desain komunikasi visual, film dan video fotografi, penerbitan dan percetakan, radio dan televisi, komputer dan perangkat lunak," ungkap Hendri.

Hendri Septa melanjutkan, sektor unggulan ekraf di Kota Padang diantaranya, seni pertunjukan, seni kerajinan atau seni kriya, film animasi, video serta fotografi. 

Kemudian sektor ekonomi kreatif yang berpotensi dikembangkan berupa seni rupa, desain komunikasi visual, tekstur, penerbitan, televisi dan radio, aplikasi dan game, desain interior, musik, dan desain produk.

"Strategi untuk pengembangan ekraf ini ke depan adalah bagaimana memperkuat konsep pembangunan 'pentahelix', di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan ekraf di Kota Padang," cetus Plt Wako.

Halaman
12
Penulis: Rima Kurniati
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved