Breaking News:

DPRD Sumbar Gelar Paripurna Usulan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wagub Sumbar

DPRD Sumatera Barat (Sumbar) mengusulkan pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2021-2026.

TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
DPRD Sumbar menggelar paripurna usulan pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2021-2026 melalui rapat paripurna, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) mengusulkan pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2021-2026.

Pengusulan itu melalui rapat paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Sumbar, Selasa (23/2/2021).

Ketua DPRD Sumbar Supardi menyampaikan, meskipun penyelenggaraan Pilkada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19 tahun 2020, ternyata tingkat partisipasi masyarakat masih cukup tinggi yakni mencapai 61,68 persen.

Baca juga: Besok, DPRD Gelar Paripurna Usulan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar

"Ini menunjukkan kesadaran politik masyarakat Sumatera Barat semakin tinggi dan kepeduliannya kepada kepemimpinan daerah juga semakin baik," kata Supardi.

Ia juga menyampaikan, pleno KPU Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan pasangan calon Mahyeldi - Audy Joinaldy sebagai perolehan suara terbanyak.

Akan tetapi, lanjutnya, KPU Provinsi Sumatera Barat belum bisa langsung menetapkan yang bersangkutan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat terpilih.

Hal itu karena terdapat 2 (dua) pasangan calon yang menggunakan hak konstitusinya dengan mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Amril Amin Siap Jadi Wawako Padang, Jika Diamanahkan Partai

"Adanya keberatan yang diajukan oleh pasangan calon lainnya terhadap hasil pleno KPU merupakan bagian dari dinamika dalam berdemokrasi dalam upaya menjadikan demokrasi yang lebih akuntabel, transparan dan berkualitas," terang Supardi.

Namun demikian, setelah semua proses dan tahapan yang disediakan wadahnya untuk itu, telah dijalani dan ditetapkan keputusannya.

Tentu semua pihak, sebut Supardi, dapat menerimanya sebagai sebuah keputusan bersama yang terbaik untuk daerah dan masyarakat Sumatera Barat.

Kemudian, KPU Provinsi Sumatera Barat pun telah menetapkan Mahyeldi dan Audy Joinaldi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2020.

Baca juga: Danrem 032/Wirabraja Ikuti Rakor TMMD ke-110, Ada Bupati, Ketua DPRD dan Dandim 0319/Mentawai

Atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi menyampaikan ucapan selamat kepada Mahyeldi dan Audy Joinaldy yang telah terpilih dan diberikan amanah oleh masyarakat Sumatera Barat.

"Mudah-mudahan, saudara dapat menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dengan amanah dan membawa daerah dan masyarakat Sumatera Barat, menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera," harap Supardi. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved