Breaking News:

Bagaimana Formasi Para Penari?

Bagaimana formasi para penari? Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 7 Kelas 4 SD/MI halaman 55, Pembelajaran 2 Subtema 2.

IST/DISKOMINFO PEMKOT PARIAMAN
Bagaimana Formasi Para Penari? 

TRIBUNPADANG.COM - Bagaimana formasi para penari?

Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 7 Kelas 4 SD/MI halaman 57, Pembelajaran 2 Subtema 2.

Subtema 2 berjudul Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Tema 7 berjudul Indahnya Keragaman di Negeriku.

Berikut pertanyaan dan kunci jawabannya:

1. Bagaimana formasi para penari?

Jawaban:

Video yang saya amati adalah tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan formasi para penari membentuk garis lurus dan diagonal.

Materi jawaban di atas dilansir dari Halo Belajar, klik selengkapnya DI SINI.

Pola Lantai Gerak Tari

Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner ini juga dapat kita gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung.

Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambargambar berikut.

(TribunPadang.com)

Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved