Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Daftar Pebulu Tangkis Indonesia: Lolos Kualifikasi Olimpiade Tokyo, Ada Shesar Hiren & Fajar/Rian

CABOR atau Cabang olahraga bulu tangkis menjadi satu tangkai dari sejumlah cabor, yang diandalkan untuk mendulang medali emas pada Olimpiade.

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
TWITTER.COM/GO_MINTON
Momentum penuh keakraban Kento Momota (kiri) dan Anthony Sinisuka Ginting setelah pertandingan final China Open 2019 di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China, 22 September 2019. 

CABOR atau Cabang olahraga bulu tangkis menjadi satu tangkai dari sejumlah cabor, yang diandalkan untuk mendulang medali emas pada Olimpiade.

Hanya saja, kondisi pandemi Covid berpengaruh terhadap jadwal pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang semula dpada 24 Juli-9 Agustus 2020 diundur pelaksanaannya pada 23 Juli-8 Agustus 2021.

Penundaan Olimpiade Tokyo dilakukan Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) dan Pemerintah Jepang menyusul pandemi Covid-19.

Saat ini, sudah ada tujuh wakil Indonesia dari bulu tangkis yang sudah masuk zona aman Olimpiade Tokyo. Selain itu, ada satu yang belum masuk zona aman dan dua wakil pada zona cadangan.

Pada sektor ganda putra, Indonesia memiliki 3 wakil di peringkat 8 besar dunia. Namun, sesuai regulasi, suatu negara hanya bisa mengirimkan 2 wakil ganda putra pada Olimpiade.

Baca juga: Pebulu Tangkis Jojo & Anthony Ginting, Termasuk 6 Wakil Indonesia Tembus Perempat Final

Baca juga: Pebulu Tangkis Greysia Polii Unggah Video Pre-wedding Ini Captionnya, Lalu Banjir Ucapan Selamat

Regulasi ini berlaku untuk sektor ganda, sementara pada sektor tunggal, suatu negara bisa mengirim maksimal dua wakil jika ada pebulu tangkisnya yang menembus peringkat 16 besar dunia.

Perhitungan poin kualifikasi Olimpiade Tokyo akan dimulai pada Swiss Open (2-7 Maret) dan diakhiri pada Singapore Open (1-6 Juni).

German Open 2021 yang seharusnya digelar di Mülheim an der Ruhr pada 9-14 Maret dan masuk kualifikasi Olimpiade batal karena situasi pembatasan kegiatan akibat Covid-19 di Jerman yang belum mereda.

Sementara itu, untuk strategi pengiriman pemain yang dipersiapkan untuk Olimpiade, Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menjelaskan bahwa hal itu berdasarkan ranking Race to Olympic.

"Tunggal putra itu posisi Ginting di ranking ke-4 dan Jojo di ranking ke-7, dengan nomor kualifikasi yang sama. Tunggal putri ada Gregoria, dia ranking ke-20, tetapi Gregori ini masuk ke kualifikasi nomor 15," tutur Rionny.

Halaman
123
Sumber: Bolanews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved