Breaking News:

Pemerintah Maksimalkan UKM Isi Ceruk Pasar Haji dan Umroh, Teten Sebut Suplai Aneka Produk

Hingga saat ini pemerintah Indonesia mendorong Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memenuhi kebutuhan pasar haji dan umroh yang memiliki pote

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki 

TRIBUNPADANG.COM, JAKARTA - Hingga saat ini pemerintah Indonesia mendorong Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memenuhi kebutuhan pasar haji dan umroh yang memiliki potensi besar setiap tahunnya.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan setidaknya ada market dua juta orang yang selalu pergi ke tanah suci membutuhkan asupan produk makanan Indonesia.

"Kita ingin produk ini bisa menjadi subjek utama ekspor non migas kita terutama oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Jemaah ini paling tidak dari makanannya bisa didominasi produk Indonesia," kata Lutfi saat penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Agama, dan Kadin Indonesia, Rabu (13/1/2021).

Pihaknya menyadari bahwa sektor UKM memiliki banyak tantangan untuk bisa menjadi pemain global.

Baca juga: Ketua MUI Sumbar: Jangan Paksa Masyarakat yang Tidak Mau Disuntik Vaksin Covid-19

Baca juga: Ketahui Cara Redeem Code Genshin Impact, Rebut Kode Redeem Terbaru Berhadiah 30 Primogem

Pemerintah tidak tinggal diam untuk membantu perolehan sertifikasi dari The Saudi Food and Drug Authority (SFDA) sekaligus menjaga kualitas yang standarnya sama dari masa ke masa.

"Perlunya kerjasama instansi pemerintah ataupun swasta agar UKM kita sanggup berkompetisi baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tegasnya.

Sementara, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan ada beberapa produk yang siap disuplai UKM Indonesia ke Arab Saudi antara lain sambal, kopi, kecap, teh, dan gula.

Baca juga: Semen Padang Kirim Relawan TRC dan Paket Sembako ke Lokasi Banjir Kota Solok

"Kementerian Koperasi juga mendukung kolaborasi yang dilakukan lintas kementerian ini melalui pembiayaan, pelatihan, sertifikasi produk, kurasi produk, dan juga promosi termasuk akses pasar sebagaimana diatur dalam UU Cipta Kerja," ucapnya.

Selain kegiatan haji dan umroh, pihaknya juga berharap bisa mensuplai kebutuhan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) misalnya yang berada Hongkong, Taiwan, dan lainnya.

"Saya kira kita juga bisa mensuplai mereka selain yang utama kuliner tapi juga pakaian dari Indonesia. Ini menjadi potensi besar untuk menjadi entry point kita masuk ke pasar luar negeri," tukas Teten.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul; Pemerintah Maksimalkan UKM Isi Ceruk Pasar Haji dan Umroh

Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved