Breaking News:

Citizen Journalism

Dosen Fakultas Pertanian Unand Pengabdian Kepada Masyarakat, Bina dan Dampingi Usaha Hidroponik

SELAMA Selama kondisi pandemik Covid-19 ini, masyarakat membutuhkan bahan makanan yang sehat dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

FOTO/DOKUMENTASI PROF DIAN FIANTIS
Tim dosen Universitas Andalas melakukan kegiatan pengabdian masyarakat mendatangi kebun tanaman, sayuran hidroponik milik Kare Urban Farming di Kota Padang, Provinsi Sumbar baru-baru ini. 

SELAMA kondisi pandemi Covid-19 ini, masyarakat membutuhkan bahan makanan yang sehat dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada kegiatan kepada masyarakat oleh beberapa orang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) dilakukan dengan pembinaan dan pendampingan usaha hidroponik. 

Kali ini, Program berkelanjutan membantu mitra Kare Urban Farming guna tumbuh berkembangnya usaha pertanian perkotaan (sayuran hidroponik) di Kota Padang, Minggu (20/12/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang diketuai Prof Dr Dian Fiantis, anggotanya: Prof Dr Novri Nelly, MP dan Dr Vonny Indah Mutiara serta dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraka atau LPPM Unand.

Sasaran dan target dari tim PKM yakni pembinaan mitra yang sudah memulai suatu usaha dibidang pertanian (Kare Urban Farming), yang menjadi salah satu cara pengabdian kepada masyarakat oleh para dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas.

Baca juga: Prof Dr Ir Novri Nelly, MP Jabat Kaprodi S2 Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Unand, Terpilih Aklamasi

Baca juga: Ekonomi Sumbar Diperkirakan Membaik 2021, Dekan FE Unand Ungkap Tiga Sektor Penggeraknya

Berbagai usaha dilakukan untuk penyediaannya, diantaranya adalah penyediaan bahan makanan sehat berupa sayuran organik dengan tekhnik hidroponik.

Budidaya hidroponik adalah pertanian tanpa menggunakan tanah (soilless) tetapi menggunakan air untuk pembawa nutrisi tanaman.

Hidroponik menggunakan potensi atau daya dari air untuk mendukung pertumbuhan tanaman dan sekaligus sebagai media pertumbuhannya.

Sistem hidroponik ini membantu masyarakat perkotaan yang tidak lagi memiliki tanah pekarangan atau lahan terbuka yang sempit di sekitar rumahnya.

Usaha hidroponik ini sudah dimulai oleh beberapa kelompok mahasiswa yang pada awalnya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga.

Halaman
12
Editor: Emil Mahmud
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved