Breaking News:

Apa Arti dari Istilah PM dan PK Bagi Sebagian Masyarakat Sumbar, Ingat Pitih Masuak dan Pitih Kalua

Bagi sebagian besar masyarakat di daerah Sumatera Barat (Sumbar), kerap menjadikan istilah berupa singkatan PM dan PK dalam perbincan

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
DOK. Kredivo via KOMPAS.com
Ilustrasi uang 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Bagi sebagian besar masyarakat di daerah Sumatera Barat (Sumbar), kerap menjadikan istilah berupa singkatan PM dan PK dalam perbincangan keseharian mereka.

Lalu tahukah Tribunners akan arti dari istilah PM dana PK tersebut?

Simak ulasan berikut ini, yang ditelusuri dari hasil pengalaman empiris yang didapati TribunPadang.com di tengah-tengah masyarakat di Sumbar.

Adapun istilah PM yang biasanya dikenali masyarakat di Sumbar dengan Bahasa Minangkabau merupakan singkatan dari dua suku kata yakni Pitih Masuak.

Sedangkan PK, yang juga dikenali masyarakat setempat merupakan akronim atau singkatan dari dua suku kata; Pitih Kalua.

Sejauh ini istilah PM juga diplesetkan oleh masyarakat di daerah Sumbar yaitu; pitmas dan tetap singkatan dari Pitih Masuak.

Begitu pula, istilah PK, bisa juga diplesetkan menjadi pitkal atau pitih kalua, yang merupakan singkatan dari Pitih kalua.

Baca juga: Apa Arti Kata Semongko? Berikut Ini Penjelasannya Disertai Contoh Kalimat

Berbeda dengan singkatan dari ilmu Perpajakan yang merupakan ulasan dari PPN atau Pajak Pertambahan Nilai dikenal apa namanya Faktur Pajak Keluaran (PK) dan Faktur Pajak Masukan (PM).

Sedangkan, dimaksud Faktur PK adalah Faktur Pajak yang kita keluarkan dan diberikan Kepada Pembeli, sedangkan Faktur PM adalah Faktur Pajak yang diterima oleh Kita sebagai Pembeli.

Kata Serapan Lain

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved