Breaking News:

Satu Dekade Gojek, Perkuat Fundamental Bisnis dan Dukungan untuk Pertumbuhan UMKM

Memasuki usia ke-10 atau satu dekade, hingga kini Gojek, platform aplikasi on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara mengumumkan seju

ISTIMEWA
Ilustrasi: Memasuki usia ke-10 Gojek, platform aplikasi on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara saat ini. 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Memasuki usia ke-10 atau satu dekade, hingga kini Gojek, platform aplikasi on-demand dan pembayaran digital terdepan di Asia Tenggara mengumumkan sejumlah pencapaian bisnis.

Sejarahnya, Gojek berdiri pada 2010 silam, kemudian mengawali perjalanannya dengan layanan kurir pengantaran barang dan transportasi roda dua.

Aplikasi Gojek pertama kali diluncurkan pada Januari 2015 di Indonesia, dan kini telah berkembang menjadi super app terdepan di Asia Tenggara.

Hingga Bulan September 2020, aplikasi dan ekosistem Gojek telah diunduh lebih dari 190 juta kali oleh pengguna Gojek di Asia Tenggara.

Pada tahun 2020, layanan-layanan utama Gojek berhasil mencetak laba operasional di luar biaya headquarter (HQ) atau dikenal dengan istilah contribution margin positive.

Baca juga: Telkomsel Rencanakan Inves di Gojek, Pengamat : Ekosistem Pasar yang Besar dan Matang

Baca juga: Isi Surat Nadiem Makarim kepada Karyawan dan Pesan untuk Driver GoJek se Indonesia: Saya Pamit

Hal ini merupakan pencapaian luar biasa di tengah pandemi yang semakin memperkuat fundamental bisnis perusahaan untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Selain itu, fundamental perusahaan di tahun 2020 semakin kuat didukung oleh total nilai transaksi di dalam platform Gojek group (Gross transaction value - GTV) yang mencapai US$12 miliar (sekitar Rp170 triliun) atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu.

Pencapaian ini didorong oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan (monthly active users) Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara.

Sementara itu, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay, saat ini telah melampaui total GTV di masa pra-pandemi; hal ini  seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara online. 

Halaman
123
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved