Breaking News:

Pasca Ledakan di Beirut, Tujuh Orang Dikabarkan Hilang Termasuk Tiga Warga Lebanon

Hingga Sabtu (29/8/2020) waktu setempat, tentara Lebanon melaporkan sebanyak tujuh orang, termasuk setidaknya tiga warga Lebanon dikabarkan masih hila

Editor: Emil Mahmud
tribunnews
Ilustrasi: Perang 

TRIBUNPADANG.COM, BEIRUT - Hingga Sabtu (29/8/2020) waktu setempat, tentara Lebanon melaporkan sebanyak tujuh orang, termasuk setidaknya tiga warga Lebanon dikabarkan masih hilang.

Sebelumnya, Kota Beirut di Lebanon sempat dihantam ledakan yang menewaskan sekitar 188 orang pada 4 Agustus 2020 lalu.

"Operasi pencarian dan penyelamatan masih belum berhenti sampai korban hilang ditemukan semuanya," ujar Juru bicara militer, Elias Aad selama konferensi pers.

Dikutip media Perancis AFP, Aad mengatakan, "Masih ada 7 orang hilang: 3 warga Lebanon yang keluarganya sudah mengirim sampel DNA, 3 warga negara Suriah dan 1 warga negara Mesir."

Juru bicara itu mengatakan angka korban hilang dikumpulkan dari data yang didaftarkan oleh Pasukan Keamanan Internal Lebanon (ISF) bekerja sama dengan Palang Merah.

Konser Perdana Kahitna Era Pandemi, Tanpa Tepuk Tangan Tapi Riuh Klakson dan Yovie Widianto Terharu

Cek! Isi Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud, Siswa Dapat 35 GB Sebulan untuk Belajar Daring

Pihak ISF sendiri pekan lalu mengatakan sebanyak 33 orang telah hilang akibat ledakan masif.

Sementara Kementerian Kesehatan pada Sabtu kemarin menyatakan bahwa angka kematian meningkat menjadi 188 orang.

Ledakan tumpukan besar pupuk amonium nitrat di pelabuhan Beirut juga melukai sedikitnya 6.500 orang dan menyebabkan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.

Peristiwa itu menumpuk kesengsaraan baru di kota itu setelah berbulan-bulan mengalami krisis ekonomi dan pandemi virus corona.

Diperkirakan sebanyak 300.000 orang termasuk sekitar 100.000 anak, yang rumahnya rusak atau hancur akibat ledakan itu, menghadapi kurangnya akses ke layanan air bersih dan sanitasi yang kritis, ungkap UNICEF pada Jumat.

"Karena kasus Covid-19 terus meningkat, sangatlah penting untuk memastikan bahwa anak-anak dan keluarga yang hidupnya hancur karena ledakan memiliki akses ke air bersih dan sanitasi," kata Perwakilan UNICEF Lebanon Yukie Mokuo. (Kompas.com/Miranti Kencana Wirawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ledakan di Beirut, 7 Orang Masih Dinyatakan Hilang" dan Tribunnews.com berjudul; Tujuh Orang Masih Dinyatakan Hilang Pasca Ledakan di Beirut

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved