Breaking News:

Warga Dibekali Cara Kelola dan Mengolah Sampah, Giat TMMD Ke-108 Kodim 0307/Tanah Datar

TMMD 108 Kodim 0307/Tanah Datar menggelar Sosialisasi lingkungan hidup tentang pengolahan dan pengelolaan sampah di kantor Wa

Penulis: Emil Mahmud | Editor: Emil Mahmud
IST/DOK.PENREM 032/WIRABRAJA
TMMD 108 Kodim 0307/Tanah Datar mengelar Sosialisasi lingkungan hidup tentang pengolahan dan pengelolaan sampah di kantor Wali Nagari Panyalaian, Kecamatan X/Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (15/7/2020). 

TRIBUNPADANG.COM - TMMD 108 Kodim 0307/Tanah Datar menggelar Sosialisasi lingkungan hidup tentang pengolahan dan pengelolaan sampah di kantor Wali Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (15/7/2020) siang.

Rilis yang diterima TribunPadang.com, menyebutkan Sosialisasi pengolahan dan pengelolaan sampah itu bertujuan untuk mengurangi pembuangan sampah rumah tangga serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Kegiatan kali ini diikuti masyarakat di Nagari Panyalaian serta diisi dengan

Pemateri dan penyuluh dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Tanah Datar, Astuti mengulas tentang bahaya sampah bagi masyarakat, serta pengolahan sampah organik menjadi pupuk.

"Sampah menjadi salah satu permasalahan yang belum bisa teratasi secara maksimal di Indonesia. Berbagai langkah terus dilakukan oleh pemerintah demi menyelesaikan permasalahan tersebut," kata Astuti, Kabag Perkim DLH Pemkab Tanah Datar.

Astuti menyebutkan guna mengatasi masalah sampah salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui perubahan pola prilaku masyarakat.

Sampai saat ini lanjutnya masih banyak warga yang menggunakan kemasan atau alat lain yang bersifat sekali pakai.

"Kami tahu permasalahan sampah dan sebagainya itu ada di hulu. Hulunya itu salah satunya adalah rumah tangga," kata Astuti.

Upaya untuk penanganan sampah selain melalui pendekatan teknis, perlu didorong juga adanya perubahan perilaku di masyarakat.

"Contoh kecil adalah dengan membawa botol minum sendiri dan kemasan yang bisa digunakan berkali-kali," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved