Breaking News:

PSBB Sumbar

Masyarakat di Padang Makin Ramai ke Pegadaian, Mayoritas Gadai Perhiasan Emas

Saat pandemi covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terjadi peningkatan gadaian masyarakat di PT Pegadaian Padang

TRIBUNPADANG.COM/RIMA KURNIATI
Suasana di Pegadaian Padang di Tarandam, Kota Padang pada Senin (4/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rima Kurniati

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Saat pandemi covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terjadi peningkatan gadaian masyarakat di PT Pegadaian Padang.

Kepala Departemen Produk Gadai Kantor Area PT Pegadaian Padang Yulfitra mengatakan barang yang mayoritas digadaikaan, berupa emas perhiasan dan emas batangan.

"Untuk saat ini ada peningkatan angka pegadaian, namun tidak begitu signifikan. Barang yang banyak digadaikan, mayoritas berupa emas perhiasan, dan emas mulia," kata Yulfitra,  Senin (4/5/2020).

Menurutnya, barang gadaian seperti barang elektronik masih ada yang mengadaiakan namun tidak sebanyak perhiasan dan barang emas.

PSBB Sumbar Jilid II Segera Diterapkan, Pelonggaran untuk Daerah yang Negatif Covid-19

UPDATE Corona di Sumbar Tambah 8 Orang, Pasien Covid-19 Total Jadi 203 Orang

"Saat ini kami sudah mengedukasi masyarakat yang menggadaikan barang, walaupun belum punya emas, kita edukasi mereka dengan adanya saldo emas," ungkapnya.

Ia menambahkan, masyarakat yang gadaikan barang juga diedukasi untuk menabung menggunakan saldo emas yang bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman.

Ia menambahkan ada juga masyarakat yang mengadaikan kain songket kebanyakan di Pegadaian Bukittinggi, namun tidak terlalu banyak.

"Ada juga yang gadaikankan kain songket seperti di Bukittinggi namun tidak banyak, karena nilai ekonomis kain songket terbilang tinggi daripada kain batik," tambahnya.

Pada saat pendemi covid-19 ini, PT Pegadaian juga menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah dengan berbagai program yang disediakan.

Diantaranya gadai mobil berhadiah emas (Germas), gempita lebaran 2020 (Gempar) dengan memberikan layanan administrasi gratis dan lainnya.

"Program penyesuaian seperti pegadaian peduli, germas atau gedai mobil dengan emas. Selain itu, nasabah diarahkan bertransasksi melalui aplikasi tidak perlu datang ke outlet," ungkapnya.(*)

Penulis: Rima Kurniati
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved