Soal Larangan Ekspor Antiseptik dan Masker, Andre Rosiade Apresiasi Langkah Kemendag

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Larangan

TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Andre Rosiade saat ditemui di Padang, Sabtu (15/2/2020) 

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Larangan Sementara Ekspor Antiseptik, Bahan Baku Masker, Alat Pelindung Diri, dan Masker.

Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi masalah perdagangan, Andre Rosiade mengapresiasi langkah pemerintah tersebut.

Bisa Uji Sampel Corona, Andre Rosiade Minta Menkes Berikan Izin untuk Lab Biomedik FK Unand

POPULER SUMBAR - Pengawasan di BIM Diperketat| Andre Rosiade Beri Saran Gubernur Soal Covid-19

"Saya selaku Anggota Komisi VI DPR RI mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan."

"Ini merupakan kebijakan yang sangat pro rakyat untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan harus kita apresiasi," kata Andre Rosiade dalam keterangan tertulis yang diterima TribunPadang.com, Jumat (20/3/2020).

Menurut Andre, kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Kemendag tersebut sangat tepat untuk menjaga ketersediaan peralatan medis tersebut serta mencegah tingginya harga masker karena kurangnya pasokan.

Covid-19 Merebak, Andre Rosiade Sarankan Gubernur Sumbar Liburkan Sekolah: Lebih Baik Waspada

Soal Jatah Gubernur Sumbar, Andre Rosiade Ungkit Komitmen Lama PKS ke Gerindra: Janji Tinggal Janji

Apalagi, kata dia, saat ini rakyat Indonesia sangat membutuhkan pasokan peralatan medis yang berhubungan dengan menyebarnya wabah virus corona (Covid-19).

Meski larangan ekspor peralatan medis tersebut hanya bersifat sementara dan rencananya bakal berlaku hingga 3 bulan ke depan sampai Juni 2020, namun, politisi Partai Gerindra itu menyarankan agar Kementerian Perdagangan dapat segera langsung melakukan revisi bilamana penanganan wabah virus corona atau Covid-19 itu belum bisa teratasi oleh pemerintah Indonesia selama lebih dari tiga bulan ke depan.

Gerindra Segera Umumkan Nama Cagub & Cawagub Sumbar, Andre Rosiade: Mudah-mudahan Minggu Depan

Andre Rosiade Klaim Partai Gerindra Masih Unggul di Sumatera Barat

"Bilamana pemerintah Indonesia belum bisa menangani wabah virus corona atau Covid-19 selama 3 bulan ke depan, maka sebaiknya Permendag Nomor 23 Tahun 2020 tersebut harus segera di revisi untuk penambahan jangka waktu larangan ekspor sementara peralatan medis tersebut," imbuh Andre Rosiade.

Selain itu, Andre yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat tersebut juga mendukung langkah Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) yang akan memberikan sanksi administrasi maupun pidana bagi para pelaku usaha yang sengaja melakukan penimbunan masker serta menaikkan harga masker di pasaran.

Dipinjamkan AC Milan Andre Silva Loloskan Eintracht Frankfurt 16 Besar Liga Eropa, 2 Gol Penyelamat

POPULER PADANG-70 Anak Penderita Kanker Reuni di RSUP M Djamil| Andre Rosiade Dinilai Tak Bersalah

"Kita harus mendukung pemberlakuan sanksi tegas yang dilakukan oleh Kemendag dengan menggandeng pihak kepolisian untuk menindak para pelaku usaha nakal terkait kebutuhan dan ketersediaan stok peralatan medis penanganan penyebaran virus Covid-19," tegas Andre Rosiade.

Ia berharap, agar sanksi tegas yang akan dilakukan oleh Kementerian Perdagangan tersebut dapat benar-benar dilaksanakan dan bukan hanya sekedar janji manis saja.

Dipinjamkan AC Milan Andre Silva Loloskan Eintracht Frankfurt 16 Besar Liga Eropa, 2 Gol Penyelamat

Ahmad Muzani Sebut tidak Ada Kesalahan dan Pelanggaran Andre Rosiade Terkait Gerebek PSK

Sebab, hingga saat ini banyak di berbagai daerah yang masih kekurangan ketersediaan pasokan masker dan bila stoknya ada harganya pun sangat mahal.

"Dengan adanya tindakan tegas itu, maka saya berharap masyarakat menjadi lebih merasa aman dan tidak panik dalam menghadapi masalah ini untuk memenuhi kebutuhan medisnya."

"Saya juga selalu berdoa agar kita semua rakyat Indonesia kuat dalam memerangi dan melawan penyebaran wabah virus ini," tutur Andre Rosiade. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Mona Triana
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved