Breaking News:

Berita Kota Padang

Polresta Padang Sasar Kendaraan Bermotor Knalpot Racing, Siap Kandangkan dan Tindak Tegas

Polresta Padang kembali menertibkan kendaraan yang menggunakan knalpot racing, hingga membuat berisik di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Penulis: Rezi Azwar | Editor: Emil Mahmud
ISTIMEWA/DOK.POLRESTA PADANG
Sejumlah pengendara motor yang diminta untuk menukar knalpot racing dengan knalpot asli bawaan kendaraan bermotor (Ranmor) mereka, Sabtu (14/3/2020). 

Polresta Padang Akan Kandangkan Kendaraan Pengendara yang Gunakan Knalpot Racing

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Polresta Padang kembali menertibkan kendaraan yang menggunakan knalpot racing, hingga membuat berisik di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Razia sudah dilakukan sebelumnya, dan hari ini kembali dilakukan oleh Patwal Satalantas Polresta Padang -- di Jalan Ir H Juanda -- tepatnya di sebelah Polsek Padang Barat.

Ada satu unit mobil dan dua unit sepeda motor diamankan, karena menggunakan knalpot racing, dan ada yang diminta untuk diganti dengan knalpot asli bawaannya.

Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan menjelaskan knalpot berisik selalu menjadi sasaran setiap melaksanakan razia di jalanan.

"Kami ingin membebaskan Kota Padang dari suara knalpot pengendara yang bising dan mengganggu ketentraman masyarakat," katanya, Sabtu (14/3/2020).

Kombes Pol Yulmar Try Himawan juga pernah menemukan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot mobil.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Padang AKP Sukur Hendri Saputra menegaskan pihaknya akan menindak pengendara yang menggunakan knalpot racing.

Lanjut, Patwal Satlantas Polresta Padang akan menindak tegas pengendara yang tidak memakai helm dan pengendara mobil yang tidak memakai safety belt.

"Mobil dan sepeda motor yang menggunakan lampu strobo juga jadi sasaran kami. Karena, sinar lampu itu mengganggu pengguna jalan lain," ungkap AKP Sukur Hendri Saputra.

AKP Sukur Hendri Saputra memaparkan, Selama sebulan terakhir ada sekitar 30 motor dan mobil yang menggunakan knalpot racing yang diamankan, langsung ditindak tegas dengan ditilang ditempat.

"Bahkan para pelajar yang memakai motor knalpot racing langsung kita kandangkan, dan diminta untuk diganti dengan knalpot aslinya," ujar AKP Sukur Hendri Saputra.

AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan pengendara yang ditilang sebagian tidak melengkapi surat menyurat, seperti SIM dan STNK, dan yang ditegur karena tidak memasang helm dengan benar.

"Ketika razia, kami bukan hanya menilang ataupun menegur. Kami juga melakukan sosialisasi bagaimana menjadi pengendara yang baik," tutup AKP Sukur Hendri Saputra.

Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved