Festival Budaya di Padang

VIDEO - Tradisi Serak Gulo di Padang, Taburkan 4 Ton Gula Pasir ke Arah Kerumunan Warga

Festival kebudayaan Serak Gulo di Kota Padang lewat cara menaburkan empat ton gula pasir ke arah kerumunan warga yang hadir

4 Ton Gula Pasir Dalam Bungkusan Kain Perca Warna Warni Dilemparkan ke Kerumunan Warga yang Padati Festival Kebudayaan Serak Gulo

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Festival kebudayaan Serak Gulo di Kota Padang lewat cara menaburkan empat ton gula pasir ke arah kerumunan warga yang hadir di Masjid Muhammadan Pasar Batipuh Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (25/1/2020) lalu.

Massa terlihat memadati lokasi yang dijadikan tempat untuk menabur gula pasir yang telah dibungkus dengan kain perca warna warni.

Ketua Himpunan Keluarga Muhammadan Padang, Ali Khan Abu Bakar bahwa pelaksanaan Tradisi Serak Gulo pada Tahun 2020 ini lebih meriah.

"Ada tiga sampai empat ton gula yang ditaburkan. Sedangkan, menabur gula intinya berbagi dan kebersamaan antara kami," kata Ali Khan Abu Bakar.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dilakukan selama ratusan tahun dari leluhurnya, dan diadakan setiap pada tanggal 1 Jumadil Akhir.

"Jadi, apabila sudah diadakan, tiga bulan setelah itu pasti masuk bulan Ramadhan. Jadi ada satu tradisi dalam mengingat orang suci bernama Souhul Hamid," kata Ali Khan Abu Bakar.

Ali Khan Abu Bakar merupakan orang yang sangat berjasa sekali dalam Islam di India, yaitu suka dengan gula dan juga suka membagi-bagikan gula.

"Ketika ia berjumpa anak-anak ia kasih gula. Dilain pihak kita membagikan gula yaitu untuk berbagi rasa manis dengan sesama," kata Ali Khan Abu Bakar.

Halaman
1234
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved