Berita Sumbar Hari Ini

Selama 2019, 3 WNA Dideportasi dari Sumbar, 22 Ditolak Masuk, Ini Alasan Imigrasi Padang

Selama tahun 2019, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang menolak 22 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Sumatera Barat sepanjang 2019.

Selama 2019, 3 WNA Dideportasi dari Sumbar, 22 Ditolak Masuk, Ini Alasan Imigrasi Padang
Istimewa
Jumpa pers capaian kinerja akhir tahun 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Selasa (31/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Selama tahun 2019, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang menolak 22 Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Sumatera Barat sepanjang 2019.

Upaya penolakan tersebut dilakukan di Bandara Internasional Minangkabau, dan jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Elvi Sahlan mengatakan, ada beberapa faktor dilakukannya penolakan tersebut, seperti tidak memenuhi syarat.

Ia mengatakan, bahwa WNA datang sebagai wisatawan, namun tidak ada penanggung jawabnya.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo: Bukan Sekadar Bencana Alam, Menakar Komitmen Kita Bersama

Dijelaskannya, pihaknya memiliki mekanisme terkait kunjungan WNA yang mencoba masuk ke wilayah Indonesia, seperti adanya masa berlaku paspor.

"Mekanisme kami secara internasional. Paspor WNA yang sudah lewat masa tenggang selama enam bulan. Ada juga paspor rusak."

"Bahkan WNA yang datang ke Indonesia tujuan tidak jelas, kami berhak melakukan penolakan," ujar Sahlan kepada para awak media di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Selasa (31/12/2019).

Disebutkannya, WNA yang ditolak masuk ke Sumatera Barat berasal dari Malaysia, China, Thailand, Bangladesh, Asustralia, dan Amerika Serikat.

Pria Ini Tak Pernah Melihat Wanita Seumur Hidupnya, Termasuk Ibu Kandungnya, Kok Bisa?

"Dipulangkan langsung. Secara hukum internasional sebenarnya penanggung jawab (pemulangan) adalah pihak penerbangan yang membawa WNA ini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Saridal Maijar
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved