Berita Sumbar Hari Ini

Sumbar Diguncang Tiga Kali Gempa Sepekan Terakhir, BMKG Catat Gempa Hingga 5 Magnitudo

Sumatera Barat diguncang gempa sekitar tiga kali selama sepekan terakhir Bulan November 2019.

Sumbar Diguncang Tiga Kali Gempa Sepekan Terakhir, BMKG Catat Gempa Hingga 5 Magnitudo
TRIBUNPADANG.COM/DEBI GUNAWAN
Ilustrasi: Satu di antara foto kejadian gempa 2009 diabadikan lalu dipajang di Hotel Grand Inna Padang. Dokumentasi foto peristiwa, direpro TribunPadang.com, pada Senin (30/9/2019). 

Selama Sepekan Terakhir Sumbar Diguncang Tiga Kali Gempa, Stasiun BMKG Padang Panjang Juga Catat Gempa Sentuh Angka 5 Magnitudo

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Sumatera Barat diguncang gempa sekitar tiga kali selama sepekan terakhir Bulan November 2019.

Hal tersebut terdeteksi dan dicatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Padang Panjang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri mengatakan teracatat sejak tanggal Jumat (22/11/2019) hingga Kamis (28/11/2019) tercatat adanya gempa di Sumbar.

"Kejadian gempa bumi di Sumatera Barat, tercatat sebanyak tiga kali gempa bumi mengguncang wilayah Sumatera Barat," kata Mamuri, Jumat (29/11/2019).

Namun, dijelaskannya sepekan ini Stasiun BMKG Geofisika Padang Panjang mencatat adanya sebanyak enam kejadian gempa bumi, namun tidak hanya di Sumatera Barat.

"Ada tiga kejadian gempa yang terjadi berada di Samudra Hindia dan 3 kejadian berada daratan," sebut Mamuri.

Mamuri menyebutkan bahwa tersapat tiga kali kejadian gempa bumi menengah dan tiga diantaranya terjadi pada kedalaman dangkal kurang dari 60 kilometer/Km.

Sedangkan, tiga kejadian gempa bumi yang terjadi di sekitar wilayah Sumatera Barat, dan dua kali gempa bumi yang terjadi di wilayah Merangin Jambi.

Halaman
12
Penulis: Rezi Azwar
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved