Berita Sumbar Hari Ini

Sumbar Terima Dana Alokasi APBN Sebesar Rp 33,45 Triliun, Ini Pesan Gubernur Irwan Prayitno

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyerahkan dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan D

Sumbar Terima Dana Alokasi APBN Sebesar Rp 33,45 Triliun, Ini Pesan Gubernur Irwan Prayitno
TribunPadang.com/Rizka Desri Yusfita
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno secara resmi memberikan penghargaan kepada camat terbaik yang dinilai sukses membangun daerah di Hotel Pangeran, Padang, Senin (25/11/2019). 

Sumbar Terima Dana Alokasi APBN Sebesar Rp 33,45 T, Gubernur Irwan Prayitno Tegaskan Supaya Efektif dan Akuntabel

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyerahkan dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Hotel Pangeran Beach, Senin (25/11/2019).

Gubernur menyerahkan langsung DIPA kepada 20 Pimpinan Satker Kementerian / Lembaga dan sekaligus menyerahkan Daftar Alokasi TKDD ke 19 Bupati/Wali Kota dari pemerintah pusat untuk tahun anggaran 2020.

"Alokasi Belanja APBN Sumbar mencapai Rp 33,45 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp 11,45 triliun dialokasikan kepada 660 satuan kerja Kementerian/lembaga yang ada di Sumbar," terang Irwan Prayitno.

Sementara, lanjutnya, alokasi TKDD untuk 20 Pemda di Sumbar mencapai Rp 22 triliun.

Gubernur berharap agar alokasi belanja APBN yang dikucurkan benar-benar digunakan dengan efektif dan akuntabel.

Dikatakannya, yang telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) harus segera menindaklanjutinya dengan menyusun program kegiatan.

"Kepala daerah dan kepala instansi setelah ini agar menyiapkan kelengkapan administrasi dalam rangka penyerapan anggaran 2020. Sehingga tidak menyebabkan terlambatnya pelaksanaan program tahun depan," kata Irwan Prayitno.

Disebutkan Irwan Prayitno, penyerahan DIPA khususnya kepada kepala daerah merupakan amanah yang mesti langsung dikerjakan se segera mungkin.

"Perintah Presiden, dana yang diberikan ditindaklanjuti dengan kegiatan yang langsung bisa ditenderkan. Dana yang diberikan bisa menggairahkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat," tutur Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno berpesan, bagi instansi vertikal dan kepala daerah yang telah menerima DIPA memanfaatkan dana tersebut secara baik dan bisa memajukan masyarakat Sumbar. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved