Berita Padang Hari Ini

BPJS Kesehatan Area Padang Bakal Bayar Tunggakan ke RS, Dana Talangan dari Kemenkeu Cair

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan area Padang telah menerima pencairan dana talangan dari Kem

BPJS Kesehatan Area Padang Bakal Bayar Tunggakan ke RS, Dana Talangan dari Kemenkeu Cair
TRIBUNPADANG.COM/RIZKA DESRI YUSFITA
Kepala BPJS Area Padang, Asyraf Mursalina 

Dana Talangan dari Kemenkeu Cair, BPJS Kesehatan Area Padang Bakal Bayar Tunggakan ke Sejumlah Rumah Sakit

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan area Padang telah menerima pencairan dana talangan dari Kementerian Keuangan, Jumat (22/11/2019).

Kepala BPJS Area Padang, Asyraf Mursalina mengatakan, dana dari Kemenkeu tersebut sebagai bentuk adanya penyesuaian kenaikan premi untuk peserta bantuan iuran atau PBI.

Hal tersebut tertuang dalam Perpres No 75 Tahun 2019, dimana kenaikan premi peserta bantuan iuran atau PBI meningkat menjadi Rp 42 ribu dari saat ini sebesar Rp 25.500/jiwa/bulan terhitung mulai Agustus 2019.

"Khusus untuk Pemerintah Daerah, kekurangan iuran yang Agustus hingga Desember ini ditalangi oleh Pemerintah Pusat sehingga tidak menjadi beban baru di APBD karena APBD Perubahan sudah selesai dibahas," terang Asyraf Mursalina.

Dijelaskan, Asyraf Mursalina dana tersebut hari ini, Jumat (22/11/2019) sebagian sudah bisa dipindahbukukan ke BPJS Kesehatan dan akan digunakan untuk membayar tunggakan klaim ke sejumlah rumah sakit.

Dia mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggak biaya kesehatan kepada beberapa rumah sakit yang berada di wilayah kerja BPJS area Padang.

Rinciannya, Rp 213 miliar untuk rawat inap dan Rp 138 untuk rawat jalan.

"Insya Allah BPJS Kesehatan akan membayar sekitar Rp 134 M. Itu untuk membayar tunggakan klaim ke rumah sakit yang jatuh tempo sampai dengan tanggal 27 September 2019," jelas Asyraf Mursalina.

"Meski belum semua tunggakan klaim terbayar, setidaknya hutang terhadap rumah sakit sekitar 30 persen bisa terbayar pada hari ini (Jumat 22/11/2019) hingga maksimal pekan depan," sambung Asyraf Mursalina. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved