Berita Sumbar Hari Ini

Sumbar Terpapar Kabut Asap Kebakaran Hutan, Wagub Sumbar Nasrul Abit Langsung Bagi-bagi Masker

Sebagian masker dibagikan kepada pengendara yang melintas di depan Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman, Padang, Jumat (13/9/2019).

Sumbar Terpapar Kabut Asap Kebakaran Hutan, Wagub Sumbar Nasrul Abit Langsung Bagi-bagi Masker
TribunPadang.com/RizkaDesriYusfita
Pembagian masker kepada pengendara yang melintas di depan Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman, Padang, Jumat (13/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membagikan sekitar 12 ribu masker kepada masyarakat terdampak kabut asap di beberapa kabupaten/kota di Sumbar.

"Kita sudah mengumpulkan 12 ribu masker. Itu terkumpul dari dinas dan instansi terkait.

Sebagian kita bagikan di Padang dan sisanya akan kita bagikan ke kabupaten/kota yang terdampak langsung kabut asap di antaranya Dharmasraya, Tanah Datar, dan Sijunjung," kata Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman.

Pantauan TribunPadang.com, sebagian masker dibagikan kepada pengendara yang melintas di depan Kantor Gubernur Sumbar, Jalan Sudirman, Padang, Jumat (13/9/2019).

Kualitas Udara di Sumbar Menurun, Nasrul Abit sebut Akibat Kabut Asap Kiriman dari Provinsi Tetangga

BMKG: Prakiraan Cuaca 33 Kota Indonesia Kamis 12 September 2019, Sejumlah Wilayah Diselimuti Asap

Pembagian masker juga tampak dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Siti Aisyah.

Wakil Gubernur Nasrul Abit pada kesempatan itu mengatakan hasil penelitian dinas lingkungan hidup memaparkan udara di Sumatera Barat ternyata sudah tercemar dari asap kiriman Provinsi Jambi, Sumsel dan Riau.

"Karena pencemaran udara ini tiga kali lipat lebih buruk dari biasanya, hari ini kita dari Pemrov Sumbar, DLH dan BPBD membagikan masker kepada masyarakat secara gratis. Di Kota Padang, ada 7 ribu yang kita bagikan," kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit berharap ke depan udara di Sumbar terus membaik karena saat ini angin berhembus dari Timur ke Barat sehingga asap bertahan di Sumbar.

Kabut Asap Makin Pekat, Pemprov Sumbar Siap Tampung Warga Riau dan Jambi yang Ingin Mengungsi

Kabut Asap di Siak Riau Makin Pekat, Kualitas Udara Memburuk, Sekolah Terpaksa Diliburkan

"Mudahan-mudahan semua masyarakat terutama anak-anak sekolah, bagi yang melakukan aktivitas di luar seperti olahraga agar menggunakan masker supaya kesehatan tidak terganggu oleh kabut asap," harap Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyebut pihaknya sudah membuat surat edaran untuk memberikan imbauan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Hari ini kita memang sengaja memberikan masker secara gratis kepada masyarakat sebagai contoh untuk kabupaten/kota yang lain agar melakukan hal sama," kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit juga mengatakan hingga hari ini, Jumat (13/9/2019) anak - anak sekolah belum ada yang diliburkan.

"Kita lihat sampai hari Minggu. Kita akan pantau udara secara terus menerus. Ke depan jika terus buruk, maka sekolah akan kita liburkan," tutup Nasrul Abit. (*)

Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: afrizal
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved