Sumbar

Event Tour de Singkarak Kenyataannya Mendongkrak Pariwisata Sumatera Barat

Kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional atau dikenal Tour de Singkarak (TdS) diselenggarakan setiap

Event Tour de Singkarak Kenyataannya Mendongkrak Pariwisata Sumatera Barat
KOMPAS/YUNIADHI AGUNG
Ilustrasi: Para pebalap peserta Tour de Singkarak melintasi tanjakan Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, pada etape kedua Tour de Singkarak dengan rute Limapuluh Koto-Tanah Datar, Minggu (7/8/2016) silam. 

Tour de Singkarak, Bukan Semata-mata Gairahkan Olahraga Tetapi Juga Dongkrak Pariwisata Sumbar

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional atau dikenal Tour de Singkarak (TdS) diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan Tour de Singkarak merupakan suatu upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Sumbar.

"Menyelenggarakan iven adalah bentuk upaya Sumbar meningkatkan kunjungan wisata. Walaupun iven balap sepeda, Tour de Singkarak bukan hanya semata-mata menggairahkan olahraga. Melainkan, bagaimana iven olahraga bisa meningkatkan pariwisata Sumbar," jelas Oni Yulfian.

Pada pelaksanaan TdS nanti, peserta akan melewati beberapa lokasi wisata menggunakan sepeda.

Tak hanya itu, masyarakat juga akan memenuhi titik-titik yang dilewati peserta TdS.

"Di kelok 44, misalnya. Masyarakat dan awak media akan memotret momen menarik. Begitupun pembalap. Sembari bersepeda, ia senantiasa melihat kiri dan kanan keindahan pariwisata Sumbar," ujar Oni Yulfian.

Mulanya, TdS diselenggarakan hanya empat etape. Kemudian berkembang menjadi enam etape. Dan beberapa tahun terakhir terus meningkat.

Tahun 2019, Tour de Singkarak kembali dilaksanakan pada 2 hingga 10 November dengan 9 etape. Hanya 14 kabupaten dan kota di Sumbar yang menjadi tuan rumah TdS 2019.

Halaman
123
Penulis: Rizka Desri Yusfita
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved