Padang

85 Orang Mahasiswa Asal Papua Menimba Ilmu di Kota Padang, Bakal Bertambah Tahun 2019

Dari data Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) Kota Padang tercatat sebanyak 85 orang mahasiswa asal Papua

85 Orang Mahasiswa Asal Papua Menimba Ilmu di Kota Padang, Bakal Bertambah Tahun 2019
Istimewa/Dokumen Petrus
Suasana saat digelarnya acara musyawarah besar Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) angkatan 2018/2019, baru-baru ini di Padang. 

85 Orang Mahasiswa Asal Papua Menimba Ilmu di Kota Padang

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Debi Gunawan

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Dari data Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa) Kota Padang tercatat sebanyak 85 orang mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua HIMAPA, Petrus Kanisius Taplo Kaiza mengatakan jumlah tersebut belumlah, termasuk mahasiswa baru pada Tahun 2019 ini.

"Kalau untuk sekarang sebanyak 85 orang mahasiswa serta belum terhitung adik mahasiswa baru pada tahun 2019 ini," ungkap Petrus Kanisius Taplo Kaiza kepada TribunPadang.com, Kamis (1/8/2019).

Petrus Kanisius Taplo Kaiza menambahkan keberadaan mereka mendapatkan perlakuan yang penuh kekeluargaan di Kota Padang.

"Saya pribadi dan teman-teman belum pernah mengalami, karena di sini budayanya berbeda dengan daerah lain. Jadi intinya pandai-pandai kita dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan," ujar Petrus Kanisius Taplo Kaiza.

Semenjak Tahun 2012, mereka sudah mulai membentuk sebuah perkumpulan mahasiswa Papua di Kota Padang, Sumbar sebelum terbentuk organisasi seperti saat ini.

Lebih lanjut, pada 14 April 2017 barulah mereka secara resmi membentuk Himapa setelah melakukan musyawarah besar (mubes) pertamanya.

"Kala itu, berbagai agenda pun mereka lakoni, seperti olah raga, seni, dan kerohanian," ujar Petrus Kanisius Taplo Kaiza.

Selain itu pada acara Hari Kesatuan Gerak PKK 2019 yang diadakan di Kota Padang lalu, mereka juga mengambil bagian untuk menjaga stand Provinsi Papua.

Petrus Kanisius Taplo Kaiza berharap para mahasiswa asal Papua tetap menjaga rasa kekeluargaan, keharmonisan untuk membangun tanah Papua nantinya.

Penulis: Debi Gunawan
Editor: Emil Mahmud
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved